4 Perwira TNI AL Jadi Observer dalam Latihan Argonaut

0

Komandan KRI Bung Tomo 357 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo bersama Atase Pertahanan RI untuk Italia/Cyprus Kolonel Laut (P) Bambang Darmawan dan 2 perwira KRI TOM mewakili Indonesia sebagai observer pada latihan berskala internasional.

Latihan diikuti oleh Mesir, Rusia, Italia, Australia, India, Kanada, Hungaria, Yordania, Swiss, Yunani, Lebanon dan  India.

Latihan ARGONAUT EXERCISE 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Staf National Guard General Staff Operation Directorate Mayor Jenderal Agorakis Dimitrios pada tanggal 31 Mei 2017. Latihan berlangsung sampai 2 Juni 2017.

Sebagai latihan yang bertaraf Internasional, latihan diikuti oleh 18 negara dan Uni Erofa yaitu Amerika Serikat, Kanada, Australia,  Jerman, Inggris, Perancis, Finlandia, Italia, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Swiss, Austria, Belgia, Cyprus dan Denmark.

Argonaut 2017 adalah latihan multinasional untuk melatih kerjasama antara sipil dan militer dalam rangka menanggulangi masalah kemanusiaan seperti, evakuasi korban bencana alam, kecelakaan di laut, pembajakan kapal atau pesawat penumpang serta evakuasi korban konflik negara yang sedang bertikai/berperang.

Selain itu, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antara otoritas pemerintah Republik Cyprus, negara Uni Eropa dan negara-negara ketiga dalam menyediakan bantuan kemanusiaan selama proses evakuasi dan Search and Rescue.

Latihan Argonaut 2017 dibagi 4 (empat) tahap, yaitu tahap pertama dan tahap kedua adalah perencanaan tingkat nasional dengan sandi “ESTIA” meliputi pendataan warga sipil yang terdampak, tahap ketiga adalah pengujian pelaksanaan search and rescue pada kejadian pesawat jatuh di laut dan tahap keempat adalah pengujian pelaksanaan rencana nasional dengan sandi “ASPIDA” dalam menangani kasus pembajakan di pesawat.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply