Tiga Kapal Induk AS Berkeliaran di Pasifik, Sesuatu yang Jarang Terjadi

0

Saat ini tiga kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat tengah beroperasi Samudra Pasifik. Sesuatu yang jarang terjadi, meski bukan mengejutkan, karena ketegangan dengan Korea Utara adalah salah satu sebab kehadiran pangkalan terapung ini.

Meskipun tidak ada tanda-tanda serangan segera terjadi, kehadiran kapal induk ini akan menjadi tambahan kekuatan bagi AS untuk melakukan pre-emptive terhadap Pyongyang.

Kehadiran Presiden AS Donald Trumps di kawasan Pasifik bisa jadi satu sebab berkeliarannya ketiga kapal induk ini.

Trio kapal induk nuklir USS Ronald Reagan, USS Nimitz, dan USS Theodore Roosevelt beroperasi di wilayah operasi Armada Angkatan ke-7 yang bertanggung jawab atas perairan dari perbatasan India-Pakistan hingga sebelah timur Hawaii.

Ketiga kapal mewakili 30 persen kekuatan AL AS, jumlah yang luar biasa mengingat tanggung jawab global AL AS dan fakta bahwa beberapa kapal biasanya turun untuk pemeliharaanpada waktu tertentu.

USS Ronald Reagan, satu-satunya kapal induk AS yang dikirim ke garis depan, baru lalu mengunjungi Busan, Korea Selatan.

Kapal induk yang berbasis di Yokosuka, Jepang ini, awal bulan ini juga mengunjungi Hong Kong. USS Nimitz kembali dari Teluk Persia, untuk melakukan serangan terhadap kelompok ISIS dan kembali ke pangkalannya di Bremerton, Washington.

Sementara USS Roosevelt meninggalkan Pearl Harbor beberapa hari lalu, dan menurut Angkatan Laut menuju ke Pasifik Barat dan kemudian ke Teluk Persia. Secara bersama, ketiga kapal membawa skadron jet tempur F/A-18C Hornet dan F/A-18E/F Super Hornet, atau sekitar 70 jet tempur.

Masing-masing dari tiga kapal induk biasanya dikawal kapal penjelajah rudal kelas Ticonderoga, setidaknya satu dan biasanya dua kapal pengangkut rudal kelas Arleigh Burke serta kapal selam bertenaga nuklir.

Kapal pengawal tidak hanya untuk memberikan payung udara tapi juga membawa rudal jelajah Tomahawk.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply