Demi Keselamatan Penerbangan, Tim Mabesau Uji Fungsi AWOS di Morotai

0

Untuk mendukung kelancaran dan memberikan kontribusi dalam keselamatan penerbangan di Bandara Leo Wattimena, Morotai, Lanud Leo Wattimena bersama tim Mabes TNI AU melaksanakan uji fungsi dan latihan Automatic Weather Observation System (AWOS).

Latihan dilaksanakan di landasan Bandara Leo Wattimena pada Kamis, 14 Desember 2017.

Menurut Komandan Lanud Leo Wattimena Kolonel Pnb Rachmad Syah Lubis, AWOS merupakan alat pengamatan cuaca otomatis yang ditempatkan di bagian tertentu di landasan pacu di suatu bandara.

Pemasangan dan uji fungsi AWOS sesuai Keppres RI. No. 63 tahun 2004 tentang penggunaan obyek vital nasional serta SKB 3 Menteri tentang pengaturan penggunaan bersama pangkalan udara dan bandar udara.

Lebih lanjut Komandan menyampaikan bahwa kedatangan tim Mabes TNI AU ini dalam rangka menguji kelayakan alat yang baru selesai dipasang.

Juga dimaksudkan untuk mengetahui cara kerja, apakah alat ini sudah berfungsi dan dapat digunakan dalam mendukung kegiatan penerbangan di Morotai dengan baik.

“AWOS berguna untuk mendukung kelancaran penerbangan, alat ini akan berfungsi otomatis untuk membantu pengamanan atau observasi cuaca lebih lengkap, sehingga memberikan informasi yang sangat dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan take off and landing dengan aman,” ujar Kolonel Rachmad Syah Lubis.

Ia berharap dengan pemasangan AWOS, kegiatan penerbangan di Bandara Leo Wattimena akan semakin aman dan lancar serta terhindar dari accident maupun incident.

“Saya berharap kedepan penerbangan menuju Pulau Morotai akan semakin ramai serta banyak wisatawan berkunjung, sehingga perekonomian akan meningkat, kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pulau Morotai akan semakin baik,” harap DanLanud.

Pada pelaksanaan uji fungsi dan latihan AWOS di Bandara Leo Wattimena, tim dari Mabesau meliputi beberapa dinas terkait. Yaitu Disbangopsau, Disadaau, dan Dislambangjaau.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply