Mau Naik Pangkat, Tes Garjas Dulu Dong

0

Dalam Usul Kenaikan Pangkat (UKP) di jajaran TNI AD, seluruh prajurit diwajibkan mengikuti tes kesamaptaan jasmani dan renang militer. Dua hal itu merupakan syarat mutlak bagi seluruh prajurit TNI AD yang hendak naik pangkat.

Karena itu, sebanyak 58 prajurit Yonif Para Raider 501/BY Kostrad mengikuti tes kesegaran jasmani (Garjas) di lintasan lari markas Yonif Para Raider 501/BY Kostrad, Madiun, Senin (8/1/2018). Prajurit yang akan diusulkan yakni mereka yang akan melaksanakan kenaikan pangkat pada periode 1 Oktober 2018.

Komandan Yonif Para Raider 501 Kostrad, Mayor Inf Eko Antoni Candra Listianto menyampaikan, kegiatan Garjas merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan oleh prajurit untuk mendapatkan kesejahteraan berupa kenaikan pangkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya.

“Nilai Garjas yang diperoleh setiap prajurit sangat menentukan kelayakan dalam pengajuan kenaikan pangkat, karena ada batas minimum nilai yang sudah menjadi aturan baku di jajaran Kostrad sesuai kategori umur,” ujarnya.

Beberapa materi Garjas yang dilaksanakan yakni Garjas A yaitu lari 3.200 meter, Garjas B meliputi pull up, sit up, push up, shuttle run serta renang militer sejauh 50 meter.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply