40 Perwira TNI di Lebanon Terima Pembekalan Civil Affair

0

Sebanyak 40 perwira TNI yang tergabung dalam Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Kontingen Garuda (Konga) XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon), menerima pembekalan Civil Affair di Lebanon Selatan.

Acara pembekalan Civil Affair oleh Tim Sektor Timur Unifil dibuka secara resmi oleh Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. Acara bertempat di meeting room UN-Posn 7-1, Markas Indobatt, Adchit Al-Qusayr, Lebanon Selatan, Sabtu (13/1/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Satgas Indobatt menekankan pentingnya bagi setiap anggota, terutama perwira Kontingen Garuda untuk mampu menghadapi tantangan yang ada di Lebanon serta cepat beradaptasi dengan baik.

“Kita datang ke tempat ini (Lebanon) dengan suasana yang sangat berbeda di Indonesia, kita berada di tengah-tengah konflik,” ucapnya.

“Bagaimana cara kita bersikap menghadapi berbagai macam konflik yang ada sangatlah esensial bagi kita, di sini peran United Nation (UN) sangat penting untuk mengondisikan kita agar siap bertugas,” tegas Letkol Inf Arfan.

Sementara Tim Civil Affair dari Sektor Timur Unifil yang dipimpin Mr. Edward Tawil menegaskan di hadapan 40 perwira TNI Satgas Indobatt, bahwa peacekeepers yang profesional harus paham betul bagaimana cara bersikap sesuai standar internasional dari UN.

Dalam pembekalannya, Mr. Edward Tawil juga menyampaikan materi singkat tentang Conflict Sensitivity dan Cultural Awarrness.

Menurutnya, salah satu cara meminimalisir konflik di Lebanon adalah dengan memahami budaya dan adat istiadat setempat, guna meraih simpati masyarakat, sehingga kehadiran Pasukan Garuda dapat diterima dengan baik.

Kegiatan pembekalan Civil Affair ditutup dengan menyaksikan film dokumentasi keindahan Indonesia, dilanjutkan pemberian cinderamata dari Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto kepada Mr. Edward Tawil.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply