TNI AL Bentuk Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL

0

Guna menghadapi dinamika perkembangan lingkungan strategis di kawasan, TNI AL melaksanakan likuidasi satuan dan membentuk satuan baru.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam sebuah upacara yang dipimpin langsung oleh KSAL Laksamana TNI Ade Supandi di Dermaga Sunda Komplek Satuan Koarmabar I, Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (22/1/2018).

TNI AL melaksanakan likuidasi satuan yakni, Satuan Kapal Patroli Komando Armada RI Kawasan (Satrol Koarmada) dan Satuan Keamanan Laut Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Satkamla Lantamal).

Satuan baru yang dibentuk adalah Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL (Satrol Lantamal) serta Staf Potensi Maritim Komando Utama (Spotmar Kotama) TNI AL dan Spotmar Lantamal.

Pada upacara ini sekaligus dikukuhkan komandan Satrol Lantamal dan pejabat Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kotama dan Lantamal serta Dirpotmar Pushidrosal.

Dikatakan KSAL, dengan kehadiran Satrol di 14 Lantamal yang memiliki tugas pembinaan kemampuan tempur unsur-unsurnya dan melaksanakan operasi keamanan laut, dalam rangka penegakan hukum serta mengantisipasi setiap bentuk gangguan keamanan laut dan SAR (Search and Rescue) di wilayah kerjanya.

“Lantamal akan diperkuat kapal-kapal patroli dengan kemampuan manuver tinggi. Hal ini sebagai upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta untuk menjaga kesiapan operasi unsur-unsur dalam penanganan reaksi cepat di wilayah yurisdiksi nasional Indonesia,” tegas KSAL.

KSAL berharap kehadiran Satrol, Lantamal mampu memproyeksikan unsur-unsur kekuatannya dalam rangka mengamankan wilayah perairan sekaligus merespon berbagai kerawanan yang terjadi.

Ditempat yang sama saat meresmikan Spotmar Kotama dan Lantamal, KSAL mengatakan bahwa pemerintah telah menyetujui usulan perubahan pada struktur organisasi TNI AL, khususnya yang membidangi pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

“Oleh karena itu hari ini resmi ditetapkan 19 organisasi baru, yakni Spotmar Koarmatim, Koarmabar, Kolinlamil, Kormar, Direktorat Potensi Maritim Pushidrosal serta Spotmar 14 Lantamal,” kata KSAL.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply