Markas PMPP Dikunjungi Delegasi PBB dan Jepang

0

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Brigjen TNI Victor H. Simatupang, menerima kunjungan perwakilan delegasi dari United Nations Headquarter (Markas Besar PBB) dan Jepang di Markas PMPP, Sentul Bogor, Senin (16/04/2018).

Kedua delegasi meninjau PMPP TNI sebagai bagian dari rencana Triangular Partnership Project (TPP) di Markas Komando (Mako) PMPP TNI.

Brigjen Victor mengatakan bahwa TPP  sangat diperlukan dalam menindaklanjuti pertemuan C-34 yang telah dilaksanakan di New York pada Januari 2018.

Komandan PMPP menegaskan bahwa TNI sangat komitmen dalam tugas menjaga perdamaian dunia di bawah naungan PBB.

Hal ini ditindaklanjuti  dengan pendirian satu tempat latihan untuk mempersiapkan pasukan dalam misi perdamaian dunia atau Indonesia Peacekeeping Center (IPC) yang ada di Sentul.

Brigjen Victor juga menyampaikan bahwa TPP merupakan kerjasama di bidang Peacekeeping Operation (PKO) antar tiga komponen. Yaitu PBB, Supporting Member States (Jepang) dan Troop-Contributing Countries (Indonesia).

Selanjutnya Komandan PMPP menyampaikan rencana kerjasama TPP yang akan dilaksanakan antara lain meliputi pelatihan personel yang akan dikirim ke daerah misi perdamaian, perbaikan/penambahan fasilitas PMPP TNI sebagai pusat pelatihan Indonesia Peacekeepers, Training of Trainers (TOT) dan pelatihan tambahan di bidang kemampuan zeni, medis, pemetaan daerah dan bahasa asing (Perancis).

Sebelum melaksanakan peninjauan fasilitas PMPP TNI, perwakilan delegasi PBB dan Jepang menerima paparan dari Dirbinrenops PMPP TNI Kolonel Arm Heru Langlangbuana.

Delegasi PBB dan Jepang meninjau fasilitas yang dimiliki PMPP TNI, mess VIP mancanegara, dining hall, classroom, auditorium, barak prajurit, daerah latihan dan simulasi, sport hall dan diakhiri peninjauan kesiapan prajurit Satuan Tugas Rapid Deployment Battalion (RDB) Monusco UNPCRS di Stand By Force (Pasukan Siaga Operasi) PMPP TNI.

Dalam menerima kunjungan delegasi tersebut, Komandan PMPP TNI didampingi Wadan PMPP TNI Kolonel (Pnb) Aldrin Petrus Mongan.

Delegasi PBB terdiri Hariender Paul Sood, Julian Otinkorang, Mark Harris, Shota Yoshindo, dan Kolonel Rogerio Fabiano Schiffler.

Sedangkan delegasi Jepang, Mayor Daiki Iwashita, Kapten Takahiro Yamashita, Takakazu Ito, Katsuhisa Sato,  dan Rie Yoshida.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply