Pangkogasgabpad Ajak Semua Pihak Satukan Tekad untuk Rekonstruksi Lombok

0

Mengawali tugas yang dipercayakan negara kepada jajaran Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Panglima Kogasgabpad Mayjen TNI Madsuni mengajak kepada seluruh jajaran untuk menyatukan tekad dan semangat dalam membantu masyarakat Lombok yang mengalami musibah.

Baca: Bentuk Kogasgabpad Gempa Lombok, Panglima TNI Dorong Percepatan Tahapan Berikutnya

Hal tersebut disampaikan Madsuni di hadapan awak media usai meninjau pembersihan puing-puing rumah penduduk yang dilakukan prajurit TNI di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Jumat (31/8/2018).

“Mari kita bekerja dengan tulus, ikhlas dan tuntas membantu saudara-saudara kita di Lombok khususnya yang menjadi korban gempa bumi agar segera bangkit,” ujarnya.

Pangkogasgabpad memberikan keterangan kepada awak media. Foto: Pelda Kom. Hari Purwanto/ Puspen TNI

Pangkogasgabpad mengatakan, saat ini pola penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi di Lombok dan Sumbawa dibagi menjadi empat sektor atau wilayah tanggung jawab.

Sektor Satu membawahi Mataram, Lombok Tengah dan Lombok Barat, Sektor Dua wilayah Lombok Utara, Sektor Tiga Lombok Timur, dan Sektor Empat wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat.

“Untuk kecepatan penanganan masing-masing sektor dibentuk gugus tugas yang menangani pemukiman dan infrastruktur, sosial dan ekonomi serta penanganan pengungsi,” tegasnya.

Kogasgabpad dibentuk dengan melibatkan berbagai unsur Kementerian dan Lembaga antara lain TNI, Polri, Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta relawan.

Kogasgabpad bertugas membantu percepatan rehabilitasi dan rekontruksi penanganan korban secara terpadu termasuk mekanisme pemberian bantuan logistik kepada masyarakat.

“Saat ini pemberian bantuan logistik diajukan dari bawah melalui Babinsa, Danramil sampai Dansektor, kemudian diajukan ke Kogasgabpad. Dengan harapan bantuan yang diberikan tepat sasaran dan cepat diterima masyarakat yang membutuhkan,” jelas Mayjen Madsuni.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply