Kedua Kalinya Satgas Indobatt Dipercaya UNIFIL Rancang Latma, Kali Ini dengan Finlandia

0

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indobatt (Indonesian Battalion) Kontingen Garuda XXIII-L/UNIFIL (United Nations Interim Forces In Lebanon) menggelar latihan bersama Family Deployment dengan FCR (Force Commander Reserve) Battalion Finlandia .

Latihan yang dilaksanakan di sekitar AOR (Area of Responsibility) Markas Indobatt UNP 7-1 Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan, berlangsung selama empat hari (19-22 September 2018).

Latihan melibatkan 32 personel Satgas Indobatt dan 33 personel Battalion Finlandia, dengan Koordinator Latihan Kapten Mar Taufiq Hidayat.

Kegiatan yang digelar dalam latihan bersama antara lain pengenalan senjata, kesehatan lapangan (first aid and kit), patroli kendaraan (vehicle patrol), patroli jalan kaki (foot patrol), penanggulangan huru-hara (crowded riot control), menembak senjata ringan, psikologi lapangan, dan olahraga.

Dansatgas Indobatt Konga Letkol Arfan Johan Wihananto dan Komandan Finlandia. Foto: Pen Konga XXIII-L/UNIFIL

Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL Letkol Inf Arfan Johan Wihananto saat menutup latihan (23/9/2018) mengatakan, family deployment merupakan latihan yang kedua kali dilaksanakan di Markas Indobatt.

“Semua materi yang dilatihkan merupakan hal penting berkaitan tugas peacekeepers dalam melaksanakan misi perdamaian di Lebanon,” ungkapnya.

“Suatu nilai plus bagi kita, dan kita mengucapkan terima kasih, dimana UNIFIL mempercayakan Indobatt untuk kedua kalinya merancang dan melaksanakan latihan bersama FCR Battalion Finlandia,” kata Letkol Inf Arfan Johan Wihananto.

Dalam rangkaian latihan bersama juga digelar pameran dengan menampilkan alutsista dan gelaran peralatan CIMIC(Civil Military Coordination).

Latihan bersama Satgas Indobatt dan Battalion Finlandia diakhiri social night atau malam akrab yang menampilkan pertunjukan seni budaya dari kedua negara.

Turut hadir Wadan Satgas Indobatt Mayor Inf Didiet Trilaksono, perwira Indobatt dan Battalion Finlandia serta perwakilan anggota dari masing-masing kontingen negara misi PBB di Lebanon.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply