Total 144 F-16V Taiwan Semakin Tangguh dengan Radar AESA, Nilainya 5,3 Miliar Dolar AS

0

Taiwan terus meremajakan armada pesawat tempurnya. Berita terbaru adalah jet tempur Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon alias F-16V Viper yang rampung upgraded, tiba di Shueishang Airbase, Chiayi, Taiwan (19/10/2018).

F-16V ini baru saja selesaikan melaksanakan rangkaian uji terbang di Amerika Serikat dan Taiwan sebelum dikirim ke Taiwan seperti dikutip Liberty Time.

Tiga pesawat lagi direncanakan akan tiba di Taiwan pada akhir tahun ini.

Batch pertama terdiri dari empat F-16V, akan ditugaskan dalam enam bulan ke depan di Chiayi Hualien. Peningkatan kemampuan armada tersisa dari 150 F-16 yang pernah dibeli Taiwan, akan selesai sebelum 2022.

F-16V akan dilengkapi radar terkuat AN/APG-83 AESA (active electronically scanned array), komputer misi modular, perangkat perang elektronik, automated ground collision avoidance system, dan helm pintar yang memampukan pilot menembakkan rudal AIM-9X Sidewinder.

Tak kurang juga, turut diganti roda pendarat menggunakan versi yang dipakai F-16C/D.

Untuk mendeteksi target yang banyak, kemampuan AN/APG-83 meningkat lebih 30% dibanding radar APG-66(V)3.

Kemampuan deteksi keseluruhan dilaporkan juga meningkat 220%, sementara kemampuan bela diri melonjak 180%.

Sekitar 25 hingga 28 pesawat akan melaksanakan upgrade setiap tahunnya hingga berakhir pada 2023.

Pekerjaan upgrade akan dilaksanakan oleh BUMN Aerospace Industrial Development Corporation (AIDC) yang merupakan mitra lokal Lockheed Martin di Taiwan. AIDC berlokasi di Taichung.

Sejumlah F-16 lainnya akan diterbangkan ke AS untuk menjalani tahap yang sama.

Seperti dikutip thediplomat.com, total biaya untuk upgrade 144 F-16 dalam Phoenix Rising Project diperkirakan mencapai 5,3 miliar dolar AS. Sebuah nilai fantastis dan tidak main-main.

Pada 2 September 1992, Presiden George Bush mengumumkan keputusannya untuk menjual 150 F-16 ke Taiwan. Keputusan yang sempat dinilai sebagai upaya politik memenangkan kursi pemilu ini akhirnya disetujui Kongress.

Maka pada November 1992, kesepakjatan penjualan diteken kedua negara untuk pengiriman 150 Block 20 F-16 ke Taiwan di bawa program Peace Fenghuang Foreign Military Sales.

Konfigurasi avionik Block 20 serupa dengan F-16A/B Mid-Life Update.

Beberapa hari yang lalu diberitakan Taiwan menerima pesawat F-CK-1 Ching Kuo usai menjalani program upgrade. Program upgrade menjadikan pesawat memiliki standar menjadi F-CK-1C/D.

Sehingga total Taiwan akan mengoperasikan 129 pesawat F-CK-1C/D.

Taiwan juga juga berulang kali menyatakan minatnya untuk mengakuisisi F-35-B Lightning II JSF (Joint Strike Fighter), varian lepas landas pendek dan vertikal (STOVL) generasi kelima ini.

Konfigurasi terbaru F-16V:

  • Radar AESA
  • Avionik COTS (commercial off-the-shelf)
  • Link-16 Theater Data Link
  • Sniper Advanced Targeting Pod
  • advanced weapons
  • precision GPS navigation
  • Automatic Ground Collision Avoidance System (Auto GCAS)

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply