Bakamla Latih 100 Calon Awak Kapal Patroli Hadapi Perompak

0

Sebanyak 100 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Calon Awak Kapal Patroli Badan Keamanan Laut ( Bakamla), mengikuti simulasi penanggulangan perompak.

Simulasi dilaksanakan di ruang Simulator Integrated Combat Management System (ICMS), Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolat Koarmada I di kawasan Gunung Sahari No.67, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2018).

CPNS Cawak kapal berlatih Nautika operator anjungan kapal. Foto: Bakamla

Simulasi awal dilakukan satu tim pemeriksa di laut yang lebih dikenal dengan istilah Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) yang berjumlah tujuh orang. Tim melakukan aksi pengejaran terhadap beberapa kapal perompak di laut.

Gladi pemeriksaan kapal berlanjut di ruang Simulator Puslat Kaprang. Terjadi kejar mengejar antara tim URCL Bakamla ketika kapal yang hendak diperiksa ternyata telah dikuasai perompak dan berusaha kabur dari kejaran petugas.

Selanjutnya Tim URCL melakukan prosedur pengejaran dengan Sea Rider sambil memberi peringatan melalui komunikasi radio. Namun perompak tetap  melarikan diri sehingga tim pemeriksa harus memberikan tembakan peringatan agar berhenti.

Sementara di ruangan berbeda, yakni CPNS Cawak kapal lainnya sedang berlatih Nautika operator anjungan  kapal di ruang Dynamic Position Manuvering System (DPMS).

Simulasi diikuti 100 CPNS Bakamla. Foto: Bakamla

Kegiatan latihan di ruang DPMS yakni teori dan praktik nautika dan mesin meliputi cara dan prosedur lepas sandar kapal, keluar masuk alur, komunikasi antar kapal, formasi dan teknik menghadap problem cuaca buruk, orang jatuh di laut serta ilmu  manuver kapal.

Latihan di bawah bimbingan 10 pelatih dan instruktur dipimpin Komandan Puslat Kaprang Kolat Koarmada I Letkol Laut (P) M Dimmi Qumry.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply