Ini Dia Kapal Patroli Pantai Gowind-class Pilihan Argentina

Akhir November 2018, Pemerintah Argentina menyetujui kontrak pembelian empat kapal patroli pantai (OPV) 87 Gowind-class dari pabrikan kapal DCNS, Perancis. Total kontrak mencapai 363 juta dolar AS.

Pembelian termasuk kapal L’Adroit yang sudah ada, yang pada 2016 mengunjungi Argentina dalam rangka promosi. Sehingga Argentina tinggal menunggu tiga kapal baru.

L’Adroit yang diluncurkan pada 2011, akan menjalani pemeliharaan dan modifikasi khusus sebelum dikirim ke Argentina tahun depan.

Akuisisi ini akan dibiayai secara bersama oleh tiga lembaga: Bank Agricole dan Investasi Korporasi Perancis, Natixis SA dari Perancis, dan bank Spanyol Banco Santander SA.

Keempat OPV akan memperkuat kekuatan laut Argentina yang menurun karena kendala keuangan dan operasional selama beberapa dekade terakhir.

L’Adroit adalah kapal pertama dari Gowind-class. Kapal ini memiliki panjang 87 meter, daya tahan di laut selama 3 minggu, dan kemampuan layar pada kisaran 8.000 mil laut.

Dengan kecepatan 21 knot, kapal dilengkapi dek untuk helikopter dan pesawat tanpa awak Schiebel S-100. Gowind-class diawaki 30 awak ditambah 30 lagi untuk penumpang.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: