Ya Ampun, Alat Pandang Malam Bantuan AS untuk Ukraina Dicuri Maling

Pencuri satu ini memang tahu barang, tidak asal tilep. Dia tahu yang dia mau.

Beberapa alat pandang malam (night vision devices) bantuan Pemerintah Amerika Serikat untuk militer Ukraina, telah digondol maling profesional seperti dirilis Biro Investigasi Negara Ukraina (7/2/2019).

Tidak kira-kira, tujuh thermal imaging sights dan delapan NVG sumbangan AS ini dicuri dari gudang militer Ukraina yang berlokasi di wilayah Lviv.

Pada November 2018, orang tidak dikenal telah mencuri 7 Archer thermal imaging sights dan 8 night-vision devices dari sebuah unit militer di Lviv.

Optik disumbangkan untuk Ukraina dari pemerintah AS sebagai bagian dari program bantuan teknis internasional.

Nilai kerugian ditaksir 170.000 dolar AS seperti dilansir defence-blog.

Menurut penyidik, pencurian properti militer terjadi karena kelalaian penjaga gudang. Penjaga gudang ini dilaporkan telah ditahan selama 60 hari.

Washington telah memberikan dana bantuan keamanan kepada Ukraina lebih dari 1 miliar dolar sejak Februari 2014. AS adalah mitra strategis Ukraina.

Dari total bantuan yang telah diberikan kepada Angkatan Bersenjata Ukraina, bantuan AS tercatat paling banyak yaitu menyumbang sekitar 90 persen.

Pada Februari 2018, Pemerintah AS telah menyumbangkan 2.500 AN/PVS-14 night-vision monoculars senilai 5,8 juta dolar kepada Ukraina. Pemberian ini disebutkan sebagai bantuan militer gratis.

Alat pandang malam ini dapat melengkapi setidaknya 10 batalion Ukraina.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: