Untuk Pertama Kalinya, Marinir TNI AL Ikuti Latma AMAN 2019 di Pakistan

0

TNI AL mengirim satu tim dari Korps Marinir untuk mengikuti latihan bersama (Latma) angkatan laut mutinasional AMAN 2019 di Karachi, Pakistan.

Latma AMAN 2019 yang berlangsung selama lima hari itu, digawangi oleh AL Pakistan. Latihan dengan moto Unity for Peace ini dibuka di Aquatic Club PN Dockyard Karachi, Pakistan, pada Jumat (8/2/2019).

Satu tim Marinir TNI AL dipimpin Mayor Mar Aristoyuda, yang sehari-harinya menjabat sebagai Pabandyalat Sops Korps Marinir. Mayor Aristoyuda adalah alumni AAL 2006.

Anggota Marinir mencoba senapan G3 Pakistan dalam Latma AMAN 2019. Foto: Kapten Mar Alamsyah

Pada saat upacara pembukaan, seperti dikutip tribune.com.pk, dikibarkan 46 negara peserta latihan. Latihan dibuka oleh Wakil Komandan Armada Pakistan Laksamana Amjad Khan Niazi.

Dalam pidatonya ia menjelaskan bahwa AMAN yang berarti perdamaian, adalah langkah untuk meningkatkan kerja sama di antara seluruh negara. Menurutnya, keamanan maritim sangat penting untuk keamanan nasional dan menjaga rute maritim sangat penting bagi perekonomian.

Latma AMAN 2019 ini adalah latihan pertama yang diikuti oleh Marinir TNI AL.

Negara yang mengikuti latihan di antaranya Indonesia, Nigeria, Maldives, Perancis, Mesir, China, Brunei Darussalam, Australia, Oman, Palestina, Polandia, Uni Emirat Arab, Sri Lanka, Thailand, Turki, Inggris, Jepang, dan Amerika Serikat.

Salah satu bentuk latihan adalah taktik dan teknik ship boarding operation. Foto: Kapten Mar Alamsyah

Dalam latihan ini, TNI AL menerjunkan prajurit pilihan berkualifikasi pasukan khusus. Yaitu dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Marinir.

Selama latihan bersama ini, prajurit angkatan laut dari negara peserta melaksanakan berbagai materi.

Antara lain TTX MIO, Airborne Operations and CT Operations, Small Arms Firing, Advanced Markmanship Drill, Close Quarter Battle, Force Protection Exercise, Anti Piracy Demo, Vehicle/Personnel Search, IED Handling serta Detection and CM Against Suicide Bombers.

Pada intinya, Latma AMAN adalah latihan gabungan yang sifatnya berbagi ilmu dan taktik militer yang selama ini dimiliki dan dikembangkan di negara masing-masing.

Latma AMAN 2019 adalah kali pertama bagi Marinir untuk mengikutinya. Foto: Kapten Mar Alamsyah

Latma bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasional bersama angkatan laut negara-negara yang berpartisipasi demi perdamaian dan stabilitas di wilayah.

Latma AMAN adalah latihan maritim multinasional dua tahunan yang diselenggarakan oleh AL Pakistan sejak 2007.

AL Pakistan mengadakan program khusus di Stasiun Cantt di Karachi sehubungan latihan AMAN 2019 ini.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply