India Sewa 10 Tahun Kapal Selam Nuklir Akula class dari Rusia, Nilainya 3 Miliar Dolar AS

0

India telah meneken perjanjian antar pemerintah (IGA) senilai 3 miliar dolar AS dengan Rusia untuk menyewakan kapal selam bertenaga nuklir (SSN) Project 971 Akula II class.

Sumber-sumber pertahanan India menjelaskan bahwa lewat perjanjian ini Rusia akan mengirimkan kapal selam baru yang dinamai Chakra III, kemungkinan K-322 Kashalot (Akula II class).

Dalam perjanjian ini, Angkatan Laut India akan mengoperasikan kapal selam ini selama 10 tahun dari 2025 untuk menambah kemampuan AL-nya.

Sumber resmi mengatakan kepada janes.com bahwa kedua belah pihak menandatangani IGA di New Delhi pada 7 Maret 2019.

Kedua belah pihak telah bernegosiasi selama bertahun-tahun terkait harga dan rincian lainnya untuk kapal selam berbobot 8.140 ton itu.

Berdasarkan kesepakatan ini, Rusia diperkirakan akan mengirimkan Project 971 Akula-class pada 2025, tiga tahun setelah kontrak 10 tahun INS Chakra berakhir pada 2022.

INS Chakra adalah kapal selam sejenis dengan Akula-class.

Sebelumnya, AL India telah menyewa dua kapal selam lainnya dari Rusia. Pada 1988, India menugaskan kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir Project 670 (Charlie class), yang dinamai ulang INS Chakra berdasarkan kontrak tiga tahun.

Pada 2012, INS Chakra kedua, K-152 Project 971 Akula-class Nerpa, disewa selama satu dekade.

Chakra mulai dioperasikan AL India pada 2012 dan ditempatkan di bawah Komando Angkatan Laut Timur. India dan Rusia dilaporkan sedang memperpanjang kontrak sewa untuk lima tahun lagi hingga 2027.

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply