AU China Mulai Operasikan Pesawat Berkemampuan Perang Elektronik, Shaanxi Y-9

Televisi pemerintah China CCTV (China Central Television) menyiarkan gambar varian pesawat turboprop Shaanxi Y-9 berkemampuan perang elektronik (ECM) yang dioperasikan AU China.

Pesawat bermesin empat dengan yang colour scheme AU China (PLAAF) ini mengindikasi, bahwa versi ini sudah masuk ke dalam dina operasional.

Varian baru ini sangat menyolok secara tampilan yang menunjukkan kemampuan asasinya.

Shaanxi Y-9 sudah terendus pertama kali oleh publik pada 2014. Ketika itu masih menggunakan warna kuning yang menandakannya tengah dikembangkan.

Begitu banyak tonjolan di badannya sudah menandakan peralatan elektronik yang ditanam di dalam pesawat. Mulai antena dan peralatan jamming. Sebuah antena juga terlihat di bagian atas dan samping ekor tegak pesawat.

Airframe Shaanxi Y-8/Y-9 telah digunakan untuk sejumlah pesawat misi khusus yang disebut Gao Xin (GX). Meskipun tidak ada konfirmasi resmi, diyakini varian ini adalah Y-9G/GX-11.

Aslinya pesawat ini menggunakan varian Antonov An-12 Cub buatan Rusia, namun diproduksi Shaanxi Aircraft Corporation sejak 1972. Pengembangan lebih lanjut mengarah ke Y-9, yang pertama kali terbang sekitar 2010.

Upgrade Y-9 termasuk ruang avionik digital, mesin WJ-6C lebih kuat, dan baling-baling komposit berbilah enam. Kecepatan jelajah sekitar 300 knot (556 km/ jam) dan daya tahan terbang sekitar 10,5 jam.

Varian transpor Y-9 memiliki daya muat 25.000 kg dengan kisaran jangkauan 5.700 km (3.700 nm).

Varian terbaru Y-9 yang ditunjukkan CCTV pada awal Maret, berpotensi menggantikan varian Y-8G/GX-4 ECM yang pertama kali terbang sekitar 2004.

Lebih dari delapan Y-8G/GX-4 diyakini dioperasikan AU China, meskipun satu pesawat diduga jatuh tahun 2018.

Pabrik Shaanxi terletak di dekat Hanzhong, telah diperluas secara signifikan sejak 2010 dan dinilai mampu memproduksi hingga 16 pesawat Y-9 setiap tahunnya untuk AU China.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: