Yonif 1 Marinir Mantapkan Kemampuan Rupanpur, Mata dan Telinga Batalyon di Medan Tempur

0

Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Batalyon Infanteri 1 Marinir mengadakan latihan pemantapan yang dilaksanakan di Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya, Senin (8/4/2019).

Kegiatan yang berlangsung mulai 4-8 April 2019 itu, dipimpin Lettu Mar Novie Haryanto.

Latihan pemantapan Rupanpur Yonif 1 Marinir dilaksanakan di daerah latihan Dermaga Sea Raider Armada II, Hutan Mangrove Rungkut, Surabaya, dan Desa Cemandi, Sedati serta Sidoarjo.

Materi yang dilatihkan meliputi renang laut, latihan perahu karet, dayung perahu karet, Long Range Navigation (LRN), kompas bintang, serangan amfibi, patroli tempur, infiltrasi, dan pertahanan.

Komandan Yonif 1 Marinir Letkol Marinir Danang Wahyu Isbiantoro mengatakan, Rupanpur Yonif 1 Mar merupakan satuan organik yang dimiliki Yonif 1.

Latihan pemantapan Rupanpur Yonif 1 Marinir dilaksanakan untuk meningkatkan kulitas prajurit. Foto: Serka Mar Kuwadi

Pasukan ini berfungsi sebagai mata dan telinga batalyon untuk memberikan data intelijen, data situasi depan pertempuran dan memandu induk satuan dalam operasi tempur dalam rangka mendukung tugas Yonif 1 Marinir.

Dihadapkan dengan tugas, fungsi dan peranannya, maka diperlukan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan, melalui Latihan Pemantapan Regu Pandu Tempur.

“Dengan Lattap Rupanpur, diharapkan personel Rupanpur memiliki tingkat kualifikasi dan kemampuan yang lebih dari sebelumnya serta mampu mendukung tugas-tugas Batalyon Infenteri 1 Marinir ke depannya,” pungkas Letkol Danang.

Teks: Pen Kormar/ beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply