Pengumuman: Terminal 4 Bandara Changi Dibuka Oktober 2017

0

Changi Airport Group (CAG) baru lalu (6/9/2017) mengumumkan bahwa Terminal 4 (T4) baru di Bandara Changi dijadwalkan mulai beroperasi pada 31 Oktober 2017.

Pihak pengelola CAG mengatakan masih melakukan sejumlah pembenahan kecil menyongsong peresmian operasi nanti.

Untuk memastikan kelancaran transisi operasi penerbangan dari terminal yang ada, operasi dari sembilan maskapai di T4 yaitu AirAsia Group (dari empat maskapai penerbangan), Cathay Pacific Airways, Cebu Pacific Air, Korean Air, Spring Airlines, dan Vietnam Airlines, akan digeser ke T4 lebih dari satu minggu pada yang ditentukan pengelola bandara.

Sejak Oktober 2016, CAG telah berkolaborasi dengan mitra bandara guna menyiapkan T4 untuk operasi penerbangan.

Proses ini dimulai dengan skenario di atas meja untuk mengembangkan prosedur operasi standar, dan kemudian berkembang menjadi latihan di lapangan untuk membiasakan staf dengan terminal dan proses baru.

Sukarelawan dari komunitas bandara dan anggota masyarakat diundang bermain peran sebagai penumpang untuk menguji sistem dan proses operasi yang kritis.

Termasuk melibatkan Fast and Seamless Travel (FAST) saat check-in, bag drop, imigrasi dan boarding serta pemeriksaan keamanan, penanganan bagasi, informasi penerbangan, transportasi darat, pencarian jalan, proses transfer dll.

Dalam beberapa pekan terakhir, CAG melakukan uji coba yang melibatkan penerbangan komersial terpilih dengan mitra penerbangan di T4.

Secara keseluruhan, lebih dari 100 percobaan telah dilakukan, melibatkan lebih 1.500 sukarelawan dan 2.500 staf bandara.

“Bulan-bulan terakhir ini merupakan periode yang sangat penting bagi kami saat kami melakukan uji coba dan uji coba intensif, tidak hanya memastikan bahwa sistem bekerja dengan baik, tetapi juga untuk memahami bagaimana penumpang menavigasi terminal baru, termasuk berinteraksi dengan inisiatif seperti FAST yang mungkin kurang familiar bagi mereka,” ujar Mr Tan Lye Teck, Wakil Presiden Eksekutif CAG.

“ T4 akan menambah kapasitas 16 juta penumpang per tahun di Changi, sehingga total kapasitas penanganan bandara menjadi 82 juta pergerakan penumpang,” tambahnya.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply