55 Tahun Kembalinya Papua ke Ibu Pertiwi, Satgas Yonif Raider 323 Kostrad Gelar Upacara

UNTEA adalah organisasi bentukan PBB yang pada 1 Mei 1963 menyerahkan pemerintahan Papua Bagian Barat kepada Pemerintah Indonesia.

Hollandia yang sebelumnya menjadi pusat kekuasaan Kerajaan Belanda di Papua, diubah menjadi Kota Baru yang kini menjadi Jayapura. Momentum 1 Mei itu hingga kini diperingati sebagai Hari Integrasi Papua ke dalam NKRI.

Peristiwa ini yang mendasari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad menggelar upacara peringatan Hari Integrasi Papua ke-55 di halaman PT Korindo Abadi.

Upacara diselenggarakan bekerja sama dengan Pemerintahan Distrik Jair, Koramil 1711-13/Getentiri, Polsek Jair, dan manajemen perusahaan.

Bertindak sebagai inspektur upacara Dansatgas Yonif Raider 323 Kostrad Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina.

Dansatgas menyampaikan bahwa momentum peringatan kembalinya tanah Papua ke pangkuan Ibu Pertiwi adalah suatu tonggak perjuangan yang harus dikenang.

Ia juga menyampaikan bahwa fakta sejarah harus diluruskan, tentang kemurnian bahwa Papua adalah bagian dari Indonesia sejak Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan 17 Agustus 1945

Dansatgas sebagai inspektur upacara juga membacakan kembali cuplikan pidato Presiden Soekarno di Kota Baru Jayapura 4 Mei 1963.

“Irian Barat sejak 17 Agustus 1945 sudah masuk dalam wilayah Republik Indonesia. Orang kadang-kadang berkata, memasukkan Irian Barat ke dalam wilayah Ibu Pertiwi. Salah! Tidak! Irian Barat sejak dulu sudah masuk ke dalam wilayah kesatuan Republik Indonesia”.

Sesuai surat edaran Gubernur Papua, momentum 1 Mei juga digabungkan dengan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Sehingga saat yang sama Komandan Satgas juga mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional bagi seluruh insan pendidikan, khususnya yang ada di wilayah Asiki.

Satgas Yonif Raider 323 Kostrad memberikan piagam penghargaan bagi siswa berprestasi dan bantuan alat olahraga kepada sekolah-sekolah yang ada di sekitar wilayah Asiki, berupa bola kaki yang merupakan sumbangan dari Uni Papua Football Community yang berpusat di Jakarta.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: