Senjata yang Sangat Teruji, AD AS Tambah Pesanan Carl-Gustaf M4 dari Saab

Industri ruang angkasa dan pertahanan Saab dari Swedia, mengumumkan pada Selasa (12/2/2019) bahwa Angkatan Darat Amerika Serikat (AD AS) memesan tambahan senjata panggul Carl-Gustaf M4 kaliber 84mm yang oleh AS diberi kode M3E1.

Menurut penjelasan ini, Saab dan AD AS telah menandatangani kesepakatan multi-year untuk pengiriman Carl-Gustaf M4.

Masih menurut Saab, pengiriman pertama senjata dengan kontrak senilai 9 juta dolar AS ini akan dilakukan pada tahun ini.

Kontrak kerangka kerja yang baru-baru ini ditandatangani memiliki durasi 3 tahun, yang memberi AD AS kesempatan untuk melakukan pemesanan M3E1 dengan nilai total sekitar 9 juta.

M3 sistem senjata tanpa tolak balik yang sudah terbukti ampuh.

Sistem ini telah dimodernisasi dan ditingkatkan secara berkala untuk memenuhi perubahan kebutuhan pengguna.

Versi terbaru Carl-Gustaf M4 (M3E1), dibuat lebih ringan  dari semula 10 kg menjadi kurang dari 7 kg.

Di antara peningkatan signifikan lainnya.

“Perjanjian ini adalah hasil dari bertahun-tahun kerja sama besar antara Saab dan Pemerintah AS.

Pesanan tersebut dengan jelas menunjukkan kepercayaan bahwa pengguna mengakui kemampuan Carl-Gustaf dan Saab sebagai pemasok, ”kata Görgen Johansson, Kepala Bisnis Saab bidang Dynamics.

“Carl-Gustaf telah menjadi pengganda kekuatan dan senjata pendukung pilihan untuk pasukan khusus AS selama bertahun-tahun. Senjata ini sekarang diberikan juga kepada unit infanteri ringan dan Marinir,” kata Erik Smith, Presiden dan CEO Saab Defense and Security USA.

Sejak diperkenalkan pada 1948, senjata recoiless rifle Carl-Gustaf telah digunakan untuk mendukung infanteri di seluruh dunia. Termasuk digunakan oleh TNI AD sejak tahun 1960-an.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: