Helikopter Cougar Keempat Turki Jatuh, 11 Tewas Termasuk Seorang Letnan Jenderal

0

MYLESAT.COM – Sebuah kecelakaan fatal menimpa helikopter AS532 Cougar milik militer Turki. Dilaporkan 11 tentara Turki tewas dalam kecelakaan di Turki timur pada Kamis (4/3) seperti disampaikan Kementerian Pertahanan Turki. Termasuk seorang perwira tinggi berpangkat letnan jenderal.

Cougar jatuh di dekat desa Cekmece, dekat kota Tatvan di Provinsi Bitlis yang berpenduduk mayoritas Kurdi. Helikopter dioperasikan Komando Angkatan Darat Turki.

Heli dalam perjalanan ke Tatvan dari provinsi terdekat Bingol ketika pihak pengatur lalu lintas udara kehilangan kontak dengan heli pada pukul 14.25 (11.25 GMT).

Heli lepas landas dari Bingöl pada pukul 13.55 waktu setempat.

Sembilan dari korban, tewas di tempat kejadian sementara dua lainnya meninggal di rumah sakit.

Di antara korban termasuk Letnan Jenderal Osman Erbas, yangmeurpakan Komandan Korps ke-8. Sementara dua lainnya terluka.

Sumber diplomatik Turki mengatakan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyampaikan belasungkawa melalui telepon kepada Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu. NATO mengatakan bahwa aliansi berdiri dalam solidaritas dengan Turki.

Di hari yang sama, Kementerian Pertahanan Turki mengatakab bahwa ini adalah kecelakaan keempat Cougar yang menyebabkan kematian 39 orang, termasuk dua jenderal Turki.

Helikopter AS532 Cougar mulai memperkuat Turki sejak 1996. Sebanyak 20 heli diperoleh dari Perancis dan 30 lagi dibuat di fasilitas Kedirgantaraan Turki, sehingga totalnya 50 unit.

Demikian pula tahun 2017, sebanyak 13 tentara termasuk seorang jenderal, tewas ketika helikopter Cougar menghantam kabel listrik dan jatuh di Provinsi Sirnak di tenggara Turki dekat perbatasan Irak.

Mayjen Aydin, komandan Komando Divisi Perbatasan Gendarmerie ke-23 di S?rnak, adalah prajurit berpangkat tertinggi yang tewas dalam kecelakaan itu.

Kecelakaan pertama terjadi pada 4 Juni 1997 disebabkan tembakan teroris PKK terhadap pasukan Turki di Irak utara dengan peluru kendali. Peristiwa itu menewaskan 11 tentara.

Pada saat itu helikopter tidak dilengkapi sistem pertahanan anti-rudal.

Kecelakaan kedua terjadi di distrik Egirdir di Provinsi Isparta pada 29 April 2003. Saat itu AS532 Cougar kembali menghantam kabel listrik tegangan tinggi dan menewaskan empat tentara.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply