MiG-21 Bison Angkatan Udara India Jatuh, Penerbang Senior Berpangkat Kolonel Dilaporkan Tewas

0

MYLESAT.COM – Angkatan Udara India melaporkan sebuah kecelakaan yang menimpa pesawat tempur MiG-21Bison, Kamis (17/3). Pesawat dilaporkan jatuh saat lepas landas untuk misi rutin di sebuah pangkalan udara di India tengah.

Kecelakaan ini menewaskan pilotnya, yang diidentifikasi sebagai Group Captain A Gupta. Group captain bisa disejajarkan dengan kolonel.

Kecelakaan terjadi saat pesawat lepas landas untuk melaksanakan combat training mission di pangkalan udara di Gwalior.

Kecelakaan yang menewaskan penerbang senior ini dicatat sebagai musibah kedua yang menimpa Bison tahun ini. Sebelumnya MiG-21 Bison jatuh di dekat Suratgarh di Rajasthan pada 5 Januari, namun penerbang berhasil keluar dengan selamat.

Gupta ditempatkan di Tactics and Air Combat Development Establishment (TACDE).

MiG-21 ditingkatkan menjadi MiG-21 Bison pada tahun 2000. Para ahli mengatakan bahwa pesawat ini dapat diandalkan hanya saja sudah mendekati akhir masa pakainya.

Upgrade pada tahun 2000 sangat penting dilakukan terhadap avionik, radar, rangkaian peperangan elektronik, dan senjata. Pesawat ini sangat aman untuk terbang, memiliki catatan keselamatan yang baik dan akan digunakan hingga 2023-24,” kata Marsekal (Pur) Anil Chopra yang memimpin tim upgrade MiG-21.

Angkatan Udara India mengoperasikan empat skadron MiG-21 Bison.

Jet tempur terakhir yang ditingkatkan ini akan dihentikan secara bertahap dalam empat hingga lima tahun ke depan.

Share.

About Author

Leave A Reply