Teak Spear Iron 2021, Saatnya Korpaskhas Berlatih Bareng Pasukan Khusus US SOCPAC

0

MYLESAT.COM – Latihan bersama kembali dilaksanakan antara Korpaskhas TNI AU dengan United States Special Operations Command Pacific (US SOCPAC). Latihan bersama digelar di Medan, Sumatera Utara.

Latihan telah dibuka dalam sebuah upacara militer dipimpin Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, S.E.di Aula G. Siahaan, Markas Yonko 469 Paskhas, Medan, Selasa (2/6/2021).

Latma dengan sandi Teak Spear Iron 2021 ini merupakan bagian dari kerja sama militer Indonesia dan Amerika Serikat yang dikemas dalam Joint Combined Exercise Training (JCET) Spear Iron. Latihan akan berlangsung hingga pertengahan Juli.

Dikutip dari akun instagram TNI AU @militer.udara, TNI AU melibatkan Batalyon Komando (Yonko) 462 Paskhas yang berpangkalan di Lanud Rusmin Noerjadin, Pekanbaru. Sementara USAF mengirimkan Special Operations Command Pacific (US SOCPAC) dari Hawaii.

Latma Teak Spear Iron 2021 mempunyai nilai strategis bagi TNI AU dan USAF Sospac, yaitu sebagai wahana untuk menjalin kerjasama dalam pelaksanaan operasi udara antar kedua negara.

US Special Operations Command Pacific yang dikenal dengan sebagai SOCPAC, adalah komando sub-satuan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk pasukan operasi khusus di wilayah tanggung jawab Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (USINDOPACOM).

Sebagai komando terpadu dari Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat, unit SOCPAC ditempatkan di seluruh wilayah Pasifik.

Pembukaan Latma Teak Spear Iron 2021 oleh Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani. Foto: Dispenau

SOCPAC setiap tahun melakukan pertukaran unit kecil, latihan gabungan, dan penugasan di sejumlah wilayah di seluruh Pasifik.

Unit-unit pasukan dengan baret merah marun ini banyak dilibatkan dalam operasi narkoba dan kemanusiaan, melatih pasukan negara-negara sahabat AS seperti Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

SOCPAC juga rutin menjadi tuan rumah Pacific Area Special Operations Conference tahunan di Hawaii yang dihadiri oleh lebih 200 delegasi AS dan asing.

Menyebut operasi yang pernah dilaksanakan US SOCPAC adalah pada Januari 2002. SOCPAC dikerahkan ke Filipina Selatan sebagai JTF 510 untuk membantu operasi kontrateroris Pemerintah Filipina di bawah Operasi Enduring Freedom.

Pasukan dikerahkan kembali pada 1 September 2002. Mereka kemudian membantu Filipina membentuk Joint Special Operations Task Force-Philippines dengan Angkatan Bersenjata Filipina.

Share.

About Author

Leave A Reply