Kemampuan Baru, Australia Berhasil Daratkan MBT M1A1 Abrams dalam Operasi Amfibi

0

MYLESAT.COM – Beberapa waktu lalu, Angkatan Bersenjata Australia (ADF) dilaporkan berhasil melaksanakan latihan amfibi mendaratkan tank tempur utama M1A1 Abrams menggunakan LCM-1E. Kemampuan ini baru pertama kali diujicobakan oleh Australia.

Latihan ini menandai kemampuan ADF untuk melakukan pengerahan taktis MBT M1A1 Abrams milik Angkatan Darat Australia dalam latihan serangan amfibi.

Pencapaian tersebut ditandai di Cowley Beach di Queensland Utara selama berlangsungnya Latihan ‘Sea Explorer yang melibatkan sekitar 1.800 personel.

“Selama Latihan Sea Explorer, kami dapat menunjukkan kapasitas kami untuk memproyeksikan tim tempur mekanis ke darat dari laut,” ungkap komandan Divisi 1 Angkatan Darat Australia, Mayjen Jake Ellwood.

“Pasukan berlatih pendaratan pantai dengan berbagai kendaraan militer, termasuk M1A1, menggunakan berbagai kapal pendarat dan dengan dukungan helikopter ARH-Tiger dan CH-47 Chinook Angkatan Darat Australia,” tambahnya.

Kapal Angkatan Laut Australia (RAN) yang terlibat dalam latihan Sea Explorer adalah kapal serbu amfibi HMAS Canberra (L 02) dan kapal pendarat kelas Bay, Choules (L 100).

Pengerahan taktis M1A1 adalah perkembangan dari uji coba peluncuran pertama dari jenis MBT yang sama di Canberra pada Juli 2019.

Dalam uji coba itu, sebuah tank M1A1 diangkut dari HMAS Canberra ke pantai melalui kapal pendarat mekanis LCM-1E.

HMA Canberra adalah salah satu dari dua LHD yang dioperasikan Angkatan Laut Australia, selain HMAS Adelaide.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply