Miangas Bisa “Lihat” Dunia Luar, TNI Dukung Penuh Program Kominfo

Dengan bentangan kepulauan yang begitu luas dari Sabang sampai Merauke, menempatkan Indonesia sebagai negara kepualauan terbesar di dunia. Cara termudah menghubungkan negara kepulauan adalah dengan meningkatkan sarana tranportasi udara serta komunikasi.

Hal itulah yang dilakukan Kementerian Kominfo dengan memasang fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Penyiaran yaitu Seluler 4G, Internet Broadband (Pita Lebar), Penyiaran RRI, dan Penyiaran TVRI di Miangas. yang merupakan salah satu wilayah terpencil.

Miangas adalah pulau terluar Indonesia yang terletak dekat perbatasan antara Indonesia dan Filipina. Pulau ini termasuk ke dalam desa Miangas, Kecamatan Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Miangas adalah salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Nanusa yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Program Kominfo ini disambut baik oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. “Ini dapat menjadi hadiah terindah bagi masyarakat di daerah terpencil, perbatasan dan pulau terluar dalam memperingati ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Gatot.

Hal itu disampaikan Panglima TNI saat melakukan video conference di Mabes TNI, Cilangkap dengan Menteri Kominfo Rudiantara yang berada di Pulau Miangas, Sulawesi Utara, Senin (31/7/2017).

Melalui video conference, Panglima mengatakan bahwa TNI menyambut baik dan mendukung upaya Kementerian Kominfo dalam membangun dan terus mengembangkan TIK serta Penyiaran di seluruh tanah air.

“Saya atas nama seluruh prajurit TNI mendukung yang dilakukan oleh Kemenkominfo RI tentang pembangunan dan pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi dan Penyiaran di pulau-pulau terluar, daerah terpencil dan perbatasan di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk konkret program Nawacita Presiden Joko Widodo sebagai wujud hadirnya negara di tengah masyarakat.

TNI saat ini sedang membangun pangkalan-pangkalan baru di wilayah terpencil, perbatasan dan pulau terluar. Program pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari Kementerian Kominfo RI sangat membantu dan mendukung tugas pokok TNI di daerah-daerah tersebut.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengungkapkan bahwa pemerataan pembangunan melalui program Teknologi Informasi dan Komunikasi di daerah terpencil, perbatasan dan pulau terluar sangat penting karena daerah tersebut selama ini agak tertinggal secara ekonomis.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa pembangunan pulau terluar yang dilakukan TNI memiliki peran strategis sebagai implementasi program pemerintah membangun dari pinggiran melalui peningkatan infrastruktur ekonomi sekaligus menunjang tugas pokok TNI menjaga kedaulatan negara.

“Kalau selama ini masyarakat Miangas melihat ke belakang laut, ke depan laut, ke kiri dan kanan gunung, namun mulai sekarang sudah bisa melihat dunia luar lewat apa yang dilakukan oleh Kemenkominfo,” pungkas Panglima TNI.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: