Keempat Kalinya AS Tembakan Rudal ICBM Ke Pasifik, Peringatan untuk Korut

Untuk keempat kalinya di tahun ini, Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS), sukses melaksanakan peluncuran rudal balistik antar benua nirsenjata dari Kalifornia. Peluncuran keempat ini berlangsung sukses.

Menurut 30th Space Wing, rudal Minuteman 3 diluncurkan pada pukul 02.10 dini hari, Rabu (2/8/2017), dari Vandenberg Air Force Base, sekitar 209 km barat laut Los Angeles.

Pengujian ini menunjukkan effectiveness, readiness, dan accuracy dari sebuah sistem senjata canggih sekaligus menakutkan.

Rudal Minuteman secara rutin diluncurkan dari Vandenberg hingga melesat sejauh 6.800 km melintasi Pasifik sebelum mencapai target di Kwajalein Atoll.

Pengujian ini sekaligus menunjukkan kemampuan AS mencapai Korea Utara, yang juga memiliki rudal sejenis.

Data terbaru mengenai uji coba terbaru Korea Utara, yang dilakukan Jumat, menunjukkan bahwa sebagian besar daratan Amerika Serikat, termasuk Los Angeles dan Chicago, berada dalam jangkauan rudal Pyongyang.

Sebagai tanggapan, AU AS menerbangkan 2 pembom B-1 Lancer di atas Semenanjung Korea pada Minggu dalam sebuah unjuk kekuatan. AS juga mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil menguji sistem pertahanan rudal yang berlokasi di Alaska.

Sebelumnya Minuteman pada Februari, April, dan Mei.

Pada bulan itu, AU AS juga melakukan uji coba rudal pencegat yang diluncurkan dari Vandenberg.

Rudal pencegat berhasil menghancurkan hulu ledak tiruan di atas Pasifik.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: