Diterima Panglima TNI, Panglima USPACOM Ini Adalah Blasteran Jepang Pertama yang Raih Bintang 4

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menerima kunjungan Panglima United States Pacific Command (USPACOM) Laksamana Harry B. Harris dan Dubes Amerika Serikat Yosep. R. Donovan, Jr.

Kunjungan kedua pejabat AS ini dalam rangka meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan persahabatan antara TNI dengan USPACOM.

Pertemuan berlangsung di Mabes TNI Jakarta, Senin (7/8/2017).

Hadir dalam pertemuan Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Siwi Adji, Kabais TNI Mayjen TNI Hartomo, Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto, Waasops Panglima TNI Laksma TNI Nurhidayat, Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, dan Atase Pertahanan Indonesia di Amerika Serikat Marsma TNI M. Fajar S.

Di lingkungan militer AS, Laksamana Harris termasuk perwira spesial. Pria kelahiran Yokosuka, Kanagawa, Jepang 4 Agustus 1956 ini, adalah laksamana bintang empat pertama keturunan Asia sekaligus keturunan Jepang. Harris lahir dari perkawinan ayahnya yang bintara AL AS dan ibunya wanita Jepang.

Setelah keluarganya kembali ke AS, Harris tumbuh besar di Tennessee dan Florida. Ia menjadi Panglima USPACOM ke 24.

Tidak hanya itu, ia juga laksamana bintang empat yang berpartisipasi dalam Navy Junior Reserve Officers Training Corps (NJROTC). Harris juga perwira pertama dari komunitas pesawat patroli maritim P-3 Orion yang mencapai bintang 4. 

Sebelumnya Harris menjabat Komandan US PAcifi Fleet di Hawaii dari 2013–2015.

Jabatan komandan yang pernah dipegangnya adalah pada 2011, sebagai Komandan Armada US Sixth Fleet dan Naval Striking and Support Forces NATO.

Harris jebolan US Naval Academy di Annapolis tahun 1978, sehingga ia disebut Old Goat, yaitu sebutan untuk lulusan Naval Academy yang memiliki masa pengabdian terpanjang.

Gelar lain yang dipegangnya adalah Gray Owl, julukan bagi perwira penerbang AL AS dengan masa dina terpanjang.

Jabatan Panglima USPACOM ia emban sejak 27 Mei 2015.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: