Tanpa Kendala, Airbus C295 SAR Brazil Sukses Keliling 4 Benua

Pesawat pertama Airbus C295 berkemampuan SAR (search and rescue) pesanan AU Brazil (FAB), yang sukses melaksanakan penerbangan tur 5 minggu mengunjungi 4 benua, mengakhiri perjalanan panjangnya di pangkalan militer Campo Grande, Brazil (3/8/2017).

Komandan AU Brazil, Teniente Brigadier Rossato, bersama Kepala Staf, Teniente Brigadier Botelho serta pejabat lainnya dari Airbus Defence and Space, menyambut kedatangan kru campuran AU Brazil dan Airbus ini.

Timsudah melewati penerbangan aqman melewati 22 zona waktu di Eropa, Afrika, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Pesawat ini diterima Brazil dalam sebuah upacara di Seville, Spanyol pada 16 Juni lalu, dan kemudian ditampilkan Airbus di Paris Air Show.

Setelah pameran di Paris, kru dari FAB dan Airbus, memulai tur pada 28 Juni dengan mendatangi 15 negara. Negara yang dikunjungi adalah Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Kanada dan Meksiko sebelum kembali ke Brazil.

Tur maraton yang berlangsung lancar dan aman ini membuktikan keandalan C295, yang juga dioperasikan TNI AU.  Meski jadwal sangat ketat, pesawat terbukti memiliki kesiapan 100 persen selama tur.

“Kami berterima kasih kepada AU Brazil atas dukungannya menampilkan C295 ke sejumlah negara dengan emnunjukkan kemampuan surveillance di atas wilayah laut dan darat yang luas,” ujar Bernhard Brenner, Kepala Penjualan dan Pemasaran Airbus Defence and Space.

C295 ini sudah kembali memperkuat FAB yang mengoperasikan 12 C295 versi angkut. Brazil menunggu pesawat kedua berkemampuan SAR.

Hampir 200 pesawat C295 sudah dipesan oleh 25 negara.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: