Batalyon Cakra, Satuan Elite Baru di Lingkungan Kostrad

Jajaran satuan elite bertambah di jajaran TNI AD. Kostrad yang sudah memiliki pasukan khusus Tontaipur, kembali membentuk pasukan sejenis yang dinamakan Batalyon Cakra.

Batalyon Cakra yang berada di bawah Kostrad merupakan komposisi satuan tempur infanteri, satuan bantuan tempur artileri medan (Armed), artileri pertahanan udara (Arhanud), dan satuan heli tempur Penerbad.

Melihat komposisi ini, bisa ditebak bahwa Batalyon Cakra merupakan sebuah satuan komposit yang memiliki kemampuan tempur lengkap.

Batalyon Cakra akan dipimpin seorang komandan berpangkat kolonel.

Dalam kaitan itulah, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono didampingi Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi, meninjau pembangunan pangkalan satuan elite Kostrad, Batalyon Cakra.

Pembangunan pangkalan berada di lahan seluas 700 hektar di daerah Ciuyah, Lebak, Banten. Peninjauan dilakukan pada Rabu (23/8/2017).

“Komandan batalyon (Cakra) berpangkat kolonel dan langsung bertanggung jawab kepada Pangkostrad,” kata KSAD saat meninjau pembangunan.

Selain itu, di pangkalan Batalyon Cakra juga akan dibangun perumahan dinas personel dan keluarganya, perkantoran, Markas Komando Batalyon, gudang alutsista serta lahan latihan tempur dan manuver. Semua berada dalam satu kompleks di Ciuyah, Lebak.

Rencananya pembangunan pangkalan Batalyon Cakra akan selesai pada tahun 2019. Sampai saat ini pembangunan sudah mencapai 30 persen dan sudah ditempati sekitar 150 personel agar lokasi terpelihara.

Hadir dalam kunjungan tersebut Pangdam III/Siliwangi Mayjen Herindra, Danpuspenerbad, para Pati dan Pamen jajaran Mabesad.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: