Laksma TNI Suradi Puas dengan Kesiapan Pangkalan Serei Bakamla di Minahasa

Kepala Biro Umum Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksma TNI Suradi, melakukan kunjungan ke Pangkalan Armada Serei Bakamla RI, Senin (25/9/2017). Kepala Bro Umum Bakamla diterima langsung oleh Kepala Pangkalan Serei Kolonel Laut (P) Agung Jaya Saktika.

Dalam kunjungannya, Suradi ingin meninjau langsung kemampuan perangkat monitoring dan surveillance di Pangkalan Armada Serei, Minahasa Utara.

Kunjungan diawali dengan peninjauan peralatan radio komunikasi pantai, Global Maritime Distress and Safety System (GMDSS) serta long range camera yang berada di Pangkalan Serei. Peralatan tersebut berfungsi untuk mengawasi serta memantau perairan Serei dan sekitarnya.

Dari pangkalan, Suradi didampingi Kolonel Agung melanjutkan peninjauan Dermaga Serei yang berada tak jauh dari lokasi Pangkalan, dimana kapal Patroli KN 4802 Singa Laut sedang sandar.

Kepala Biro Umum Bakamla Laksma Suradi didampingi Komandan Pangkalan Armada Serei Bakamla RI Kolonel Laut (P) Agung Jaya Saktika saat meninjau kesiapan Pangkalan. Foto: Bakamla RI

Di sela-sela kunjungannya, Laksma Suradi memotivasi seluruh personel Pangkalan dan Dermaga agar terus mendukung upaya pengawasan perairan di Zona Kamla Tengah, khususnya di Perairan Serei.

Hal ini tak lepas dari posisi Pangkalan Serei di pemukiman penduduk, dimana sebagian besar mencari nafkah sebagai nelayan dan usaha sewa kapal untuk para wisatawan dalam dan luar negeri yang akan menyeberang ke Pulau Lihaga dan Pulau Gangga.

“Tingkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk pelanggaran di wilayah Perairan Minahasa Utara khususnya di Perairan Serei, tanpa meninggalkan norma-norma hukum adat di sini,” ujarnya.

Suradi juga meminta segenap anggota Pangkalan untuk menjaga dan memelihara alat pendukung rutinitas operasi.

Mengakhiri kunjungannya, Laksma Suradi menyatakan apresiasinya atas kemampuan personel Pangkalan dan dermaga yang bisa dekat dan bahu membahu dengan masyarakat sekitar.

Adanya kedekatan antara masyarakat dengan aparat, maka tidak hanya permasalahan di laut saja, tapi masyarakat serta Hukum Tua, yaitu sesepuh masyarakat setempat juga dapat membantu aparat seperti polisi dan babinsa dalam menyelesaikan masalah sosial dan keamanan di wilayah Likupang dan Serei.

Dermaga pangkalan kapal patroli di Serei, Minahasa Utara diresmikan Juni 2014 oleh Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Bakorlamla Laksda TNI Dr DA Mamahit.

Kehadiran pangkalan seperti ini akan mampu memberikan dukungan logistik kepada kapal-kapal yang dioperasikan di wilayah tersebut.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: