F-16 Pun Dikerahkan TNI AU Pantau Kebakaran Hutan di Riau

Sebagai bagian dari Satgas Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Provinsi Riau, Lanud Roesmin Nurjadin terus melakukan upaya untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau.

Di antara upaya yangdilakukan adalah pemantauan dari udara oleh pesawat tempur.

Bersamaan dengan pelaksanaan latihan rutin, F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 16 menemukan adanya lahan terbakar di wilayah Tapung, Kabupaten Kampar, pada Rabu (25/10/2017) sore.

Komandan Skadron 16 Letkol Pnb Nur Alimi mengatakan, pemantauan udara dilakukan setiap hari yang dikombinasikan dengan latihan rutin Skadron 16.

“Area yang dipantau meliputi seluruh wilayah di Provinsi Riau, karena itu juga menjadi area latihan terbang pesawat tempur Lanud,” ujarnya.

Sementara Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono menyampaikan, hasil pemantauan udara oleh F-16 diteruskan ke Dinas Operasi Lanud dan selanjutnya dilaporkan kepada BPBD Riau untuk dapat ditentukan langkah berikutnya.

“Apa yang dilakukan Lanud sesuai perintah KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, agar Lanud Roesmin Nurjadin senantiasa melaksanakan upaya mencegah Karhutla di Provinsi Riau, salah satunya dengan melakukan pemantauan udara,” ujar Age.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s