Hankam

Kejar Tiga Pembeli Potensial, Tahun Ini L-39NG Akan Jalani Uji Terbang

Manajer senior pabrikan pembuat pesawat dari Czech yaitu Aero Vodochody, mengumumkan pada 27 Februari bahwa perakitan akhir dari prototipe pertama jet latih L-39NG Next Generation akan selesai pada kuartal ketiga 2018. Uji terbang diperkirakan pada kuartal keempat.

Manajemen Aero Vodochody memperkirakan roll out pesawat pertama akan dilaksanakan pada 2020. Tahapan nselanjutnya yaitu produksi massal akan berlangsung dua tahun kemudian dengan kapasitas 16 unit per tahun.

Presiden Aero Vodochody, Giuseppe Giordo, mengatakan bahwa pihaknya tela merampungkan kontrak dengan semua pemasok komponen dan suku cadang. Menurutnya, juga sudah merampungkan pengiriman kontrak dengan tiga pembeli potensial (future customers).

Aero L-39NG adalah jet latih menggunakan mesin turbofan yang tengah dikembangkan Aero Vodochody. L-39NG adalah pengembangan lanjutan dari pesawat era Perang Dingin Aero L-39 Albatros.

Pesawat dikembangkan dalam dua versi (stage). Yaitu L-39NG Stage 1 yang merupakan versi upgrade dari airframe L-39 dengan mesin dan avionik baru.

Sementara Stage 2 adalah pesawat yang sepenuhnya baru, dengan penambahan desain.

Panglima AU Republik Czech Mayjen Jaromír Šebesta saat mengujungi Aero Vodochody tahun lalu, menyampaikan persetujuannya bahwa pembeli pertama L-39NG seharusnya adalah Czech sendiri.

Dalam kunjungannya itu, Šebesta mendapat penjelasannya dari Aero Vodochody seputar strategi baru pabrikan yang fokus kepada pembuatan pesawat serang ringan L-159 dan L-39NG.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close