Sebanyak 12 Rintangan Menantang 400 Peserta Outbound TNI AL 2018

TNI Angkatan Laut kembali menggelar outbound 2018. Kegiatan dibuka KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, Kamis (8/3/2018) di Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur. Bertindak selaku Ketua Panitia adalah Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito.

Outbound pertama dilaksanakan pada 2016 di Kesatrian Puslatdiksarmil dan Lanudal Juanda, Sidoarjo. Outbound TNI AL 2018 akan dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing angkatan dan kegiatan lainnya pada hari berikutnya, dari rencananya tiga hari pelaksanaan Outbound TNI AL 2018.

Tujuan digelarnya kegiatan ini guna menciptakan kesamaan pemahaman dan persepsi terhadap kebijakan pimpinan, menjalin silaturahmi dan meningkatkan soliditas antar peserta, sekaligus sebagai sarana efektif dalam melaksanakan introspeksi, evaluasi, transformasi, kepemimpinan, serta meningkatkan kebersamaan dan kerjasama guna menguatkan kembali komitmen untuk terus membangun TNI AL menuju World Class Navy.

Dikatakan KSAL saat membuka kegiatan ini, bahwa personel TNI AL harus dibentuk dan dibina menjadi prajurit matra laut yang berkualitas dan berintegritas.

Peserta melakukan lomba panahan. Foto: Dispenal

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut maka diperlukan sistem pembinaan yang tepat pada level makro maupun mikro, sehingga memberikan jaminan bagi personel untuk mengabdi dan berkarya sesuai kemampuan diri dan tuntutan organisasi.

”Pembinaan personel melalui kegiatan outbound akan menguji kebersamaan dan kekompakan kita melalui materi-materi yang membutuhkan konsentrasi dan kerja sama antar tim,” tegas KSAL.

Outbound TNI AL tahun ini mengangkat tema “Bersama Kita Wujudkan TNI AL Hebat”. Kegiatan diikuti kurang lebih 400 peserta yang merupakan perwira alumni AAL dari angkatan 28/tahun 1983 sampai angkatan 62/tahun 2017, serta perwira lulusan Sepamilsuk 2/tahun 1989 sampai Sepa PK 21/ tahun 2014.

Selain itu, ikut 24 perwakilan Taruna AAL yang merupakan calon perwira TNI AL.

Dari 400 peserta, dibagi menjadi 12 tim. Setiap tim terdiri dari 33-34 personel. Ke-12 tim melewati berbagai materi yang menuntut kerjasama tim dan kemampuan tiap-tiap individu.

Ada 12 materi outbound yang disiapkan. Terdiri dari menembak pistol jarak 20 meter, bergandengan tangan, transfer ban, panahan 15 meter, pipa bocor, dayung perahu karet jarak 50 meter, lempar pisau kapak, spider web, blind walk, titian tali, crazy spidol, piramida serta perlombaan yel-yel.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: