Bupati Malang Usulkan Abd Saleh Jadi Bandara Internasional, Panglima TNI Minta Kajian Mendalam

Potensi wisata yang begitu besar di kawasan Malang Raya, Jawa Timur memang harus terus ditingkatkan dan dipacu promosinya. Salah satu upaya meningkatkan arus kunjungan wisata adalah dengan memperkuat jalur transportasi udara, dalam hal ini meningkatkan peran bandar udara.

Untuk itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut baik rencana pemerintah Kabupaten Malang terkait peningkatan pertumbuhan ekonomi, salah satunya dengan pengembangan Bandara Abdulrachman Saleh menjadi bandara internasional.

“Pada prinsipnya saya mendukung rencana pemerintah Kabupaten Malang dalam hal peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang pariwisata, karena hal tersebut sejalan dengan program pemerintah pusat,” tutur Hadi saat menerima kunjungan Bupati Malang Dr. Rendra Kresna beserta staf di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Panglima TNI didampingi Aslog Panglima TNI Laksda Ir. Bambang Nariyono, Aster Panglima TNI Mayjen Kustanto Widiatmoko, Asops KSAU Marsda TNI Barhim, Aslog KSAU Marsda TNI Eko Supriyanto, dan Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.

Bupati Malang Rendra Kresna menyampaikan, di Kabupaten Malang banyak spot atau tempat wisata khususnya di daerah sekitar Bandara Abdulrachman Saleh. Menurutnya, dengan pengembangan bandara maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Malang adalah dengan pengembangan Bandara yang saat ini berstatus Pangkalan Militer TNI Angkatan Udara menjadi bandara internasional,” ujar Bupati Malang.

Bupati Malang menyampaikan bahwa pengembangan Bandara Abdulrachman Saleh menjadi bandara internasional pernah disampaikan pemerintah Kabupaten Malang kepada Presiden Joko Widodo pada 2017.

“Wilayah Malang Raya selalu kondusif berkat kebersamaan antara TNI dengan rakyat, diharapkan dengan pengembangan bandara tersebut akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik ke Kabupaten Malang dan sekitarnya,” tuturnya.

Terkait rencana pengembangan Bandara Abdulrachman Saleh menjadi bandara internasional, Panglima TNI  mengajak pemerintah Kabupaten Malang untuk melakukan kajian bersama.

“Mari kita sama-sama melakukan kajian dan membuat perencanaan untuk disinkronisasikan agar menghasilkan kajian yang optimal, sehingga kepentingan TNI dan pemerintah daerah dapat terakomodasi dengan baik dalam rangka mewujudkan pembangunan ekonomi nasional,” katanya.

Ajakan Panglima TNI ini tentu terkait status Lanud Abdulrachman Saleh sebagai pangkalan militer, yang memiliki ketentuan operasional khusus.

 

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: