Eksis Sejak 1950 Tapi Nyaris Terlupakan, Itulah Lembaga Farmasi TNI AD yang Disambangi Marsekal Hadi

Jika ada satuan yang sejak berdiri tahun 1950 belum pernah dikunjungi Panglima TNI, itulah Lembaga Farmasi Pusat Kesehatan TNI AD (Lafi Puskesad). Lembaga ini diambil alih oleh TNI AD dari Militaire Scheikundig Laboratorium (MSL) Belanda pada 1 Juni 1950.

Bersebelahan dengan Lafi Puskesad adalah Lembaga Biologi Vaksin (Labiovak) Puskesad, yang juga mendapat kehormatan dikunjungi Panglima TNI, Jumat (16/3/2018).

Karena momentum kunjungan ini, tak urung segenap keluarga besar Lafi dan Labiovak terlihat haru. Kepala Lafi Puskesad Kolonel Ckm Drs. Bastiam, Apt., M.M pun mengungkapkan bahwa inilah kunjungan pertama Panglima TNI ke lembaganya.

Dalam kunjungannya siang itu, Panglima TNI didampingi KSAD Jenderal TNI Mulyono serta beberapa asisten Panglima TNI. Sebelumnya Panglima TNI Panglima memberikan pembekalan kepada peserta Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD Tahun 2018 di Situ Lembang Bandung.

Panglima TNI menuliskan kesannya sebelum meninggalkan Lafi Puskesad. Foto: beny adrian

Dalam sambutannya Panglima TNI menekankan pentingnya pemenuhan penyediaan obat-obatan bagi peningkatan pelayanan kesehatan prajurit TNI dan keluarganya.

Untuk memiliki kemampuan menyediakan obat-obatan bagi prajurit, harus memiliki tekad yang kuat. “Lembaga Farmasi jajaran TNI (AD, AL, AU) saat ini sudah mampu menyediakan obat-obatan bagi prajurit,” ujar Marsekal Hadi.

Kedepannya, lanjut Panglima TNI, dalam memenuhi kebutuhan obat-obatan kita dihadapkan dengan semakin bervariasinya penyakit. Karena itu Lembaga Farmasi jajaran TNI dituntut harus mampu meningkatkan pelayanannya, khususnya penyediaan obat di rumah sakit TNI.

“Seperti dukungan obat-obatan yang diberikan TNI kepada saudara-saudara kita yang terjangkit campak di Asmat, tanpa tersedianya obat-obatan yang cukup, mustahil KLB Campak dapat diatasi,” ungkap Hadi.

Setelah mengunjungi Lafi Puskesad, Panglima TNI juga menyambangi Lafi TNI AU Drs. Roostyan Effendi, Apt di Lanud Husein Sastranegara.

“Jadi ini kunjungan bersejarah ya, pertama kalinya Panglima TNI mendatangi Lafi Puskesad,” tutur Panglima TNI saat menuliskan kesan di buku tamu Lafi Puskesad.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: