Hankam

Siswa STIP Kunjungi Kapal Patroli Terbesar Bakamla, KN Tanjung Datu

Sebelum memulai pelayarannya ke Asmat, Papua, siswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) mengunjungi kapal patroli terbesar milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) KN Tanjung Datu 1101 yang sandar di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/3/2018).

Kedatangan siswa STIP berjumlah 35 orang bersama dua orang pelatih disambut Mayor Laut (P) Supriyono yang sehari-hari menjabat sebagai Pawas KN Tanjung Datu 1101 sekaligus anggota Satgas Bakti sosial Asmat.

Bukan hanya siswa STIP, pada waktu bersamaan pegawai Bakamla juga berkunjung, yang sehari sebelumnya mengakhiri perjalanan layarnya dari Batam ke Jakarta.

Di awal kegiatan, para siswa STIP dan pegawai Bakamla RI dibawa ke ruang kelas ABK. Irfan Naftillah yang menjabat sebagai Mualim 4 menjelaskan tugas pokok dan visi misi Bakamla, struktur organisasi KN Tanjung Datu dan pemahaman tentang Indonesia Coast Guard yang memiliki tugas serupa dengan Bakamla.

Irfan menjelaskan bahwa di dalam tubuh Bakamla tidak hanya terdiri dari ASN, tetapi ada pula dari TNI AL, TNI AD, TNI AU, Polair, Kejaksaan, dan KKP.

Usai kegiatan di kelas para peserta diajak berkeliling kapal dimulai dari ruang mesin, long room perwira, long room ABK, helidek, dapur hingga Anjungan Utama Kapal.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close