RSS Fortitude Diluncurkan Singapura sebagai Kapal Keempat dari Delapan Pesanan

Singapore Technologies (ST) Marine meluncurkan kapal keenam Littoral Mission Vessel (LMV) sesuai pesanan AL Singapura (RSN) pada galangan kapal ST Marine di Benoi (24/3/2018).

Kapal perang yang diberi nama RSS Fortitude dengan nomor lambung 20, merupakan bagian dari kontrak delapan kapal sepanjang 80 meter ini dari ST Marine.

Pabrikan ST Marine meneken kontrak dengan Kemhan Singapura pada 2013.

Kapal pertama RSS Independence (15) diluncurkan Mei 2017. Sementara kapal kedua dan ketiga yaitu RSS Sovereignty (16) dan RSS Unity (17), diluncurkan berbarengan pada November 2017.

Ketiga kapal ditempatkan di Tuas. Kapal dengan kemampuan LMV ini memperkuat Skadron 182.

LMV yang memiliki berat operasional 1.250 ton, membawa 23 kru termasuk lima perwira. Untuk menunjang operasinya di perairan dangkal, kapal dilengkapi helikopter.

Kapal menggunakan empat mesin MTU 20V 4000 M93, kecepatan puncak 27 knot, dan jangkauan operasional 3.500 Nm.

Persenjataannya adalah sebuah kanon cepat Oto Melara 76/62 Super Rapid, dua senapan mesin berpengendali Oto Melara Hitrole 12,7mm, dan kanon Rafael 25mm Typhoon.

Untuk menghadapi ancaman udara dan senjata berpemandu, LMV dilengkapi rudal VL Mica buatan MBDA, yang ditembakkan dari 12 tabung peluncur vertikal (VLS).

Kedelapan kapal MLV ini dikelompokkan ke dalam kelas Independence untuk menggantikan kapa patroli kelas Fearless yang dioperasikan AL Singpura.

Saat ini dua kapal yaitu RSS Justice dan RSS Indomitable menunggu peresmian. Sementara dua kapal lagi yaitu RSS Dauntless dan RSS Fearless sedang dalam pembuatan.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: