Mayor “G”, Wanita Pertama Menjadi Komandan Skadron di Angkatan Udara Israel

Dirahasiakan namanya dan hanya diberi inisial Mayor G, Komandan Angkatan Udara Israel Mayjen Amikam Norkin, Selasa (7/8/2018), melantik wanita Israel pertama menjadi komandan skadron udara.

Mayor yang hanya diberi inisial G untuk alasan keamanan ini, resmi memimpin Skadron 122. Skadron ini khusus menjalankan misi intelijen dan berpangkalan di Pangkalan Udara Nevatim di selatan dan menerbangkan pesawat Gulfstream 5.

Skadron intelijen ini meningkatkan jumlah misi pengintaian udara. Skadron “First” membukukan setidaknya 6.000 jam terbang pada 2016. Skadron ini dilengkapi pesawat peringatan dini Eitam dan Shavit.

Skadron 122 mengoperasikan lima pesawat G550 Nahshon-Eitam dan G500 Nahshon-Shavit. Dua pesawat digunakan sebagai AEW&C (airborne early warning and control) dan tiga tiga sebagai pesawat SEMA (Special Electronic Missions Aircraft).

Eitam disebut sebagai salah satu pesawat tercanggih dikelasnya.

Dengan jabatannya, wanita ini naik pangkat menjadi letkol. Foto: IDF Spokesperson’s Unit.

Sementara Shavit menjadi satu-satunya untuk misi ini yang merupakan pesawat jet.

AU Israel merupakan satu-satunya angkatan udara yang mengoperasi pesawat ini dalam misi intelijen.

Menjadi penerbang sejak 2003, Mayor G dilatih sebagai penerbang pesawat transpor. Ia ditugaskan di Skadron 131 yang menerbangkan Beechcraft-200 Zofit, Beechcraft King Air C-12 Kukiya, dan Beechcraft A-36 Hofit serta Skadron 135 (Karnaf).

Sebelumnya wanita 34 tahun ini menjadi wakil komandan di skadron Nachshon dari 2015-2017.

Mayor G baru saja menyelesaikan kursus komandan bulan lalu. Dengan promosi ini, ia akan mendapat kenaikan pangkat menjadi letnan kolonel.

“Saya senang dengan tugas ini,” ujar Mayor G seperti dikutip jpost.com.

Jenderal Norkin mengatakan bahwa jumlah wanita di unit tempur terus bertambah.

Pada 2014, wanita lainnya dipercaya menjadi wakil komandan di skadron operasional. Ada lagi Mayor T yang dipromosikan menjadi komandan skadron transpor AD Israel.

Mayor M dipromosikan untuk memimpin operational command and control unit dan menjadi letkol. Menurut AD Israel, ia akan menjadi wanita pertama dari unit air traffic controller yang mencapai pangkat letkol.

November 2017, wanita lainnya menjadi wakil komandan skadron tempur. Kapten Y merupakan navigator pesawat tempur F-15 Eagle.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: