Tingkatkan Kerjasama Militer, Pakistan Akan Kirim Prajuritnya Berlatih di Rusia

Untuk meningkatkan profesionalisme prajuritnya, Pakistan akan mengirim prajuritnya berlatih di Rusia. Keputusan ini dipastikan dalam sebuah kerjasama yang diteken di Islamabad antara Kemenhan Pakistan dan Rusia.

Selain untuk meningkatkan kemampuan personel angkatan bersenjata Pakistan, kerjasama ini juga wujud semakin kuatnya hubungan di antara kedua negara.

Kerjasama yang dikukuhkan pada 7 Agustus lalu, adalah hasil dari pertemuan pertama Russian-Pakistani Joint Military Consultative Committee (JMCC) di Islamabad.

Dalam pertemuan itu hadir Wakil Menhan Rusia Kolonel Jenderal Alexander Fomin dan Menhan Pakistan Letjen Zamir ul Hassan Shah.

Militer Rusia dalam latihan pertama dengan Pakistan tahun 2016. Foto: dawn.com

Selama pertemuan, kedua pihak mendiskusikan hubungan kedua negara saat ini khususnya dalam hal pertahanan yang akan terus diperkuat sesuai azaz mutual cooperation. Seperti situasi di Timur Tengah dan Afghanistan.

JMCC merupakan forum pertahanan tertinggi antara Pakistan dan Rusia.

Pakistan menunjukkan keinginan yang kuat untuk membangun hubungan military-to-military dengan Rusia.

Awla yahun ini, Menlu Pakistan Khawaja Asif mengunjungi Moskow. Dalam kunjungannya, Menlu Pakistan membicarakan keinginan kerjasama militer kedua negara.

Rusia telah menawarkan dalam tiga tahun ini empat helikopter serang Mi-35M dan heli kargo kepada Pakistan. Militer kedua negara juga sudah melaksanakan latihan bersama dengan nama Friendship.

Latihan bersama pertama dilaksanakan Pakistan dan Rusia pada September 2016. Saat itu, kontingen pasukan darat Rusia meaksanakan latihan di Pakistan selama dua minggu disaat tensi ketegangan di antara Pakistan dan India sedang meningkat.

Latihan itu disebut sebagai demonstrasi kedekatan hubungan di antara Pakistan dan Rusia. Kerjasama militer kedua negara diteken pada 2014.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: