Lama Tidak Terdengar, Iran Kembali Uji Rudal Balistik Fateh-110

Untuk pertama kali setelah lebih dari satu tahun terakhir, Iran melakukan uji penembakan rudal balisitk. Pengujian ini dinilai sebagai bentuk pembangkangan Iran setelah President Donald Trump keluar dari kesepakatan nuklir

Pengujian rudal balisitk jarak pendek Fateh-110 bertepatan dengan latihan skala besar Angkatan Laut Iran akhir minggu lalu. Latihan ini melibatkan lebih 50 small gunboats di Selat Strait Hormuz.

Fateh yang mampu melesat dengan kecepatan 3,5 Mach itu diterjemahkan sebagai Penakluk.

Militer AS secara terbuka mengakui latihan AL Iran. Namun uji coba rudal di Bandar-e-Jask yang berada di tenggara Iran belum pernah dilaporkan sebelumnya. Peluncuran itu terdeteksi satelit mata-mata AS.

Rudal antikapal Fateh-110 Mod 3 terbang lebih dari 100 mil di jalur penerbangan melintasi Selat Hormuz menuju medan pengujian di gurun Iran.

“Itu adalah dari pantai ke pantai,” ujar seorang pejabat AS.

Tidak ada aset militer AS dalam bahaya saat Iran melaksanakan pengujian. Hanya ada kapal perang rudal USS The Sullivans yang dalam tugas mengawal kapal dagang melewati selat dalam beberapa hari terakhir.

Peluncuran rudal minggu lalu itu adalah pengujian pertama yang diketahui dari Fateh-110 setelah lebih dari setahun sejak sepasang rudal diluncurkan berturut-turut pada Maret 2017.

Salah satu rudal itu menghancurkan tongkang apung sekitar 155 mil jauhnya.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: