Typhoon Spanyol Tembakan Rudal AMRAAM di Dekat Perbatasan Rusia, Dikonfirmasi Accidentally Fires

Kejadian lucu dan menggelikan namun beresiko tinggi memicu perang.

Itulah yang tengah diinvestigasi setelah jet tempur Eurofighter Typhoon milik AU Spanyol menembakkan rudal secara tidak sengaja saat latihan di wilayah Estonia.

Typhoon yang biasanya berpangkalan di Siauliai, Lithuania itu, terbang bersama jet tempur Spanyol lainnya dan dua Mirage 2000 milik Perancis.

Insiden ini terjadi pada 7 Agustus lalu di dekat Kota Otepaa di tenggara Estonia.

Eurofighter Typhoon Spanyol diketahui menembakkan rudal AIM-120 AMRAAM (Advanced Medium Range Air-to-Air Missile) saat terbang di dekat Kota Otepää di Estonia, sekitar 50 km dari perbatasan Rusia.

Pernyataan resmi Menhan Spanyol menyebutkan, bahwa rudal meluncur tiba-tiba (accidentally fired) dari salah satu Typhoon.

“Rudal udara ke udara itu tidak mengenai pesawat manapun. Kemenhan membuka investigasi untuk mengklarifikasi penyebab insiden ini,” ujar pihak Kemenhan Spanyol.

Meskipun rudal ini memiliki mode penghancuran diri sendiri (self-destruct mode), namun tidak diketahui apakah sistem ini berfungsi atau jika amunisi menghantam tanah.

Pihak AU Estonia terus mencari rudal yang yang hilang itu dan masyarakat diperingatkan untuk tidak ikutan mencari.

Untuk meluncurkan sebuah rudal, penerbang harus memutar Master Arm Switch ke mode Live, lalu mengoperasikan Late Arm Switch pada di trigger.

Bahkan rudal tidak akan melesat kecuali sudah ada target di komputer. Atau penerbang telah memilih mode dogfight.

Rudal AMRAAM memiliki panjang 3,7 meter dan berat 157 kg.

Rudal ini memiliki jangkauan sekitar 100 km dan didesain untuk menghancurkan pesawat musuh. AMRAAM biasanya diluncurkan dari jarak 20 mil dari target dan kemudian dipandu oleh “otak” INS (inertial navigation system) yang ditanam di dalam rudal.

AMRAAM juga memiliki radar sendiri untuk mendeteksi target dan kemudian memandu rudal saat terjadi benturan.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: