Johannes Adekalla Terima Beasiswa dari Panglima TNI, Plus Prioritas Jika Ingin Jadi Anggota TNI

0

Sosok kecil, polos, dan murah seyum ini pun dalam hitungan menit menjadi viral di sosial media Indonesia.

Namanya mendadak jadi pergunjingan karena aksi heroiknya saat berlangsungnya upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-73 pada 17 Agustus 2018 di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Johannes Adekalla alias Joni tiba-tiba menyeruak memecah kebingungan panitia dan petugas pengibar bendera akibat tali pengikat bendera terlepas lalu tersangkut ujung tiang bendera.

Di video yang diunggah terlihat jelas siswa kelas VII SMPN 1 Silawan Atambua ini memanjat dengan santainya. Terlihat jelas kekuatan alam yang mengalir di tubuhnya, membuatnya tidak kesulitan memanjat tiang lurus setinggi itu.

Atas keberaniannya itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan apresiasi yang tinggi kepada Johannes atas keberaniannya memanjat tiang bendera saat upacara kemerdekaan HUT RI ke-73 di Pantai Motaain.

“Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan apresiasi berupa beasiswa atas keberanian dan aksi heroik Johannes Adekalla, sehingga bendera Merah Putih dapat dikibarkan dalam upacara,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Sabtu (18/8/2018).

Menurut Fadhilah, aksi yang dilakukan sepontan oleh Johannes Adekalla sangat luar biasa dan dapat menggugah rasa nasionalisme warga bangsa.

“Panglima TNI memberikan beasiswa hingga lulus SMA. Setelah lulus SMA akan mendapat prioritas apabila ingin menjadi prajurit TNI serta mengundang Johannes ke acara pembukaan Asian Games ke-18 hari ini di Jakarta,” jelas Kapuspen TNI.

“Disaat semua orang kebingungan, muncul dari barisan anak berpakaian seragam SMP tanpa ada yang menyuruhnya dengan gagah berani tanpa rasa takut langsung memanjat tiang bendera,” ujarnya.

Johannes Adekalla adalah putra Victorino Fahik Marschal dan Lorenca Gama.

Keberanian Johannes Adekalla pertama kali terlacak netizen dari akun Facebook Ika Silalahi.

“Cita-cita saya jadi tentara,” ujar Joni seperti dikutip merdeka.com.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply