Perkenalkan Kowsar, Jet Tempur Terbaru Generasi Ke-4 Buatan Iran

0

Ini baru luar biasa. Iran menancapkan kukunya sebagai salah satu negara pembuat jet tempur (fighter).

Minggu lalu, Iran menyingkap tabir jet tempur serang ringan pertama sepenuhnya buatan negeri Persia. Jet tempur yang dinamakan Kowsar itu ditampilkan dalam National Day of Defense Industry, seperti dikutip Tasnim News Agency.

Pada Selasa (21/8/2018), televisi Iran menampilkan gambar Presiden Hassan Rouhani duduk di Kowsar. Pada saat itu, Kowsar juga melakukan terbang demonstrasi pertama di hadapan Hassan Rouhani.

Kowsar digambarkan sebagai fourth-generation fighter jet. Kowsar terlihat menyerupai latih jet lanjut dengan AIDC AT-3 Tzu Chung yang dikembangkan Taiwan bekerjasama dengan Northrop Grumman.

Sementara Sabtu lalu, Menhan Iran Amir Hatami menyampaikan rencana pengumuman pesawat baru ini.

Hatami mencatat bahwa Iran bertindak dalam kerangka strategi pencegahan aktif guna “memperoleh apa pun yang diperlukan untuk pertahanan.”

Hatami menambahkan bahwa Tehran juga akan terus mengembangkan rudal baru. Pengembangan jet tempur Kowsar dan rudal baru menjadi top priority dari Iran, sebagai bentuk penentang terhadap sanksi baru AS yang ditujukan untuk membatasi program rudal Iran dan pengaruh regional.

Iran meraih pencapaian dalam industri jet tempur. Foto: Tasnim News Agency

Angkatan Laut Iran juga mengumumkan pada Sabtu lalu, bahwa pihaknya telah memasang sistem pertahanan senjata canggih yang dikembangkan secara lokal.

Senjata canggih ini dipasang di salah satu kapal perang untuk pertama kalinya, karena ketegangan meningkat dengan militer AS di Teluk.

Iran mengungkapkan pada 2013 rencana pengembangan jet tempur domestik yang dinamakan Qaher 313. Saat itu banyak pengamat meragukan niat Iran ini.

Komando Pusat militer AS mengatakan telah melihat peningkatan aktivitas angkatan laut Iran, meluas ke Selat Hormuz yang merupakan jalur strategis untuk pengapalan minyak yang oleh Pengawal Revolusi telah mengancam akan memblokirnya.

Iran telah mengembangkan industri senjata domestik besar dalam menghadapi sanksi internasional dan embargo yang telah melarangnya mengimpor banyak senjata.

Iran pertama kali mengungkapkan rencana pembuatan Kowsar pada 18 Juli 2017 saat berlangsungnya air show MAKS di Moskow.

Dalam pameran MAKS, Iran Aviation Industries Organization (IAIO) menampilkan kodem skala bermesin dua, dua tempat duduk.

Selama ini Iran dikenal andal mempertahankan kesiapan jet tempur Northrop F-5 Tiger dan sebelum F-14 Tomcat.

Disampaikan bahwa Kowsar memiliki rentang sayap 11 m. Desainnya dinilai banyak terisnpirasi dari Northrop, terutama jika kita perhatikan bagian hidung yang melancip.

Sementara horizontal stabilizer ditempatkan di bagian atas belakang (back end) dari fuselage, desain yang dinilai unik.

Iran juga disebutkan akan menggunakan mesin J90, yang merupakan mesin domestik General Electric J85 turbojets yang dipakai oleh F-5.

Selain itu, Kowsar disebutkan memiliki MTOW (maximum take-off weight) 6.180 kg (13,620lb) yang berarti separuhnya ukuran F-5.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply