Bentuk Kogasgabpad Gempa Lombok, Panglima TNI Dorong Percepatan Tahapan Berikutnya

0

Guna menjamin kelancaraan pelaksanaan penyaluran bantuan dan terkoordinasinya pekerjaan rekonstruksi dan rehabilitasi korban bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah membentuk Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Bencana Gempa Lombok.

Dipercaya sebagai Panglima Kogasgabpad adalah Mayjen TNI Madsuni. Mantan Danjen Kopassus ini sehari-harinya adalah Pa Sahli Tk.III Bid. Komsos Panglima TNI.

Mako Kogasgabad mengambil tempat di bekas Bandara Selaparang, Lombok yang sudah tidak aktif. Saat ini Selaparang dijadikan salah satu pangkalan aju operasi udara pengiriman bantuan untuk korban gempa Lombok.

Sebagai payung hukum dari semua pelaksanaan penanggulangan dan rehabilitasi gempa Lombok ini adalah Instruksi Presiden (Inspres) yang telah dikeluarkan Presiden Joko Widodo. Menurut Jokowi, Inpres ini sebagai payung hukum kementerian atau lembaga dalam menangani bencana.

“Kogasgabpad adalah sebagai penjabaran untuk melaksanakan tugas dalam membantu tahapan berikutnya,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah.

Usai meninjau Kogasgabpad di Selaparang, Panglima TNI dan rombongan melakukan peninjauan ke lokasi gempa di Kecamatan Tanjung menggunakan helikopter.

Di lokasi pengungsian, Marsekal Hadi menyaksikan proses pembersihan puing oleh prajurit TNI menggunakan alat berat serta perbaikan sebuah masjid.

Setelah itu Panglima TNI menyerahkan secara simbolis kursi roda dan tongkat jalan (kruk) bagi warga yang mengalami patah kaki karena gempa.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Leave A Reply