Kacamata Hitam Prajurit Nge-Pam yang Tidak Pantas Menurut Panglima TNI

Kacamata seperti sudah menjadi kelengkapan wajib bagi prajurit yang tengah melakukan tugas pengamanan. Tidak melulu untuk tampil gagah dan ciamik, kacamata digunakan lebih untuk menghindari kontak mata dengan tamu dan hadirin.

Seringkali pandangan berlebihan terhadap seseorang di dalam sebuah acara resmi, bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang yang diperhatikan.

Karena itu dengan kacamata gelap, aksi pemantauan bisa dilakukan secara tersamar oleh prajurit yang tengah melaksanakan tugas pengamanan (Pam).

Begitu pula anggota TNI kewilayahan yang di-BKO-kan kepada Paspampres untuk mengamankan komplek Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran yang akan dikunjungi sejumlah kepala negara peserta Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018. Mereka mengenakan kacamata hitam.

Kacamata hitam menjadi perhatian Panglima TNI saat meninjau pasukan. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Rupanya mereka terlihat kurang sempurna di mata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Dengan heli view-nya, Panglima TNI melihat ketidakselarasan para prajurit yang mengenakan baju stelan hitam plus kacamata hitam.

Mereka ditemui Marsekal Hadi usai meninjau GWK dan hendak berangkat ke lokasi lain.

“Ini kacamatanya pembagian atau beli sendiri,” ujar Hadi spontan. “Ini kok kayak rocker, ini kayak apa ini,” aku Hadi tersenyum.

Anggota yang ditanya pun mengaku bahwa kacamata adalah milik mereka sendiri. Setelah diperhatikan, Panglima TNI memang jeli. Setiap orang menggunakan kacamata mengenakan kacamata yang berbeda-beda.

Ada yang model Aviator, Wayfarer, Wrap Around, dan Shield. Memang kurang sedap dipandang bagi seorang yang tengah bertugas.

Sambil memegang kacamatanya, Hadi kemudian mengatakan berapa ya harga kacamata ini.

“Ya, sudah, nanti Asops Panglima TNI tolong ganti semuanya dengan kacamata baru,” kata Hadi lagi.

Kepada seluruh prajurit Hadi berpesan untuk selalu waspada namun jangan terlihat berwajah garang. “Delegasi yang mungkin kelelahan tolong dibantu, karena disini kan banyak tangga,” pesan Hadi.

Prajurit berkacamata hitam yang segera mendapat kacamata baru dari Panglima TNI. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Seperti diketahui, komplek GWK memang dipenuhi anak tangga yang jumlahnya puluhan. Apalagi dengan cuaca panas saat ini di Bali, orang bisa cepat kelelahan.

Sambil berlalu, Panglima TNI mengucapkan kepada seluruh prajurit untuk selamat bertugas dan jaga kesehatan. Sementara kelompok prajurit yang mengenakan beraneka kacamata hitam itu terlihat tersenyum-senyum tipis.

Lumayan, dapat kacamata baru dari Panglima, mungkni begitu pikiran di benak masing-masing.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: