Mobil Pintar Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Wujud Bakti TNI di Perbatasan

Guna membantu mewujudkan program pemerintah dalam memberantas buta huruf sekaligus membangkitkan semangat membaca anak-anak, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad melalui kegiatan “Mobil Pintar”.

Secara rutin berkeliling, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad mendatangi sekolah-sekolah di Kabupaten Keerom. Seperti saat mendatangi SD Inpres Arso VII, di Jalan Arso VII, Distrik Arso, Kab. Keerom, Rabu (10/10/2018).

Tujuan kegiatan Mobil Pintar adalah untuk membangkitkan minat baca anak-anak. Selain itu sebagai sarana membantu mewujudkan program pemerintah dalam memberantas buta huruf.

Kegembiraan terpancar dari wajah murid-murid SD Inpres Arso VII, Distrik Arso. Pasalnya mereka sudah mengetahui Mobil Pintar Satgas 501 Kostrad akan mendatangi sekolah mereka.

Seperti telah dijanjikan Kepala Sekolah SD Inpres Arso VII, Robiwaluddin, S.Pd sehari sebelumnya, bahwa besok Mobil Pintar dari Satgas 501 akan datang ke sekolah.

Murid-murid SD Inpres di Distrik Arso, Keerom bersama Mobil Pintar Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad. Foto: Kostrad

Secara bergantian murid-murid menaiki Mobil Pintar untuk mencari buku yang menjadi kegemaran mereka.

Setelah mendapatkan buku yang mereka cari, murid-murid langsung membentuk kelompok-kelompok untuk membaca buku yang telah mereka pilih.

Tak jarang personel Satgas menguji kemampuan membaca murid-murid dengan menunjuk suatu kata atau kalimat secara acak agar dibaca.

Bagi murid yang belum lancar membaca, personel Satgas ikut membimbing dalam mengeja. Karena memang tujuan khusus Mobil Pintar di SD Inpres Arso VII adalah untuk membantu memperlancar membaca murid kelas II, III, dan IV.

Kepala Sekolah SD Inpres VII mengungkapkan sangat senang dengan adanya Mobil Pintar Satgas 501 Kostrad.

Menurutnya, ini adalah kesekian kalinya Mobil Pintar Satgas mendatangi sekolahnya, dan ia bisa merasakan perkembangan kemampuan membaca murid muridnya.

“Khusus untuk murid Kelas II, III, dan IV memang masih sangat membutuhkan bimbingan untuk memperlancar kemampuan membaca mereka”, tutur Kepala Sekolah ini.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: