Rusia Gelar Patroli Jarak Jauh Terbesar, 8 Pesawat Dekati Wilayah Jepang

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pada Jumat (15/2/2019) bahwa pesawat tempur Jepang telah mengejar sebuah pembom Rusia dan pesawat tempur di dekat wilayah udara negara itu.

Menurut sebuah pernyataan, Jepang merilis pesawat tempur untuk mencegat empat pesawat pembom Tupolev Tu-95MS Bear dan empat pesawat tempur Sukhoi Su-35S Flanker-E yang terbang di dekat pantai timur dan barat Jepang.

“Melihat pola terbang pesawat Rusia, pesawat tempur Jepang yang terlibat kemungkinan besar berasal dari Northern Air Defence Force 2 Kokudan yang berbasis di Chitose, yaitu F-15J/DJ Eagle. Unit lain mungkin juga terlibat,” ujar pernyataan yang dikeluarkan oleh Majalah Scramble.

Kejadian 15 Februari ini merupakan salah satu bentuk kehadiran terbesar pesawat militer Rusia di dekat Jepang sejak Rusia melanjutkan patroli jarak jauh reguler di Asia Timur pada 2014.

Rusia kembali melakukan patroli seiring memburuknya hubungan diplomatik Rusia-Jepang sebagai akibat dari intervensi Rusia di Ukraina Timur.

Majalah Scramble menambahkan bahwa sumber-sumber lain mengklaim “hanya” empat pesawat yang terlibat, dua Tu-95MS dan dua Su-35.

Pencegatan terjadi setelah Rusia libur selama tiga setengah minggu melaksanakan patroli jarak jauh.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: