AU AS Berencana Akuisisi 8 Pesawat Tempur Baru F-15EX Tahun 2020

Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS) melayangkan permintaan anggaran hampir 166 miliar dolar AS untuk tahun anggaran 2020.

Dalam pengajuan itu termasuk rencana pembelian delapan pesawat tempur F-15EX baru untuk menggantikan armada F-15C/D yang menua.

Keputusan ini dipicu semakin mendesaknya masa pensiun F-15C/D di tahun 2020.

Selama satu setengah tahun terakhir, Kantor Sekretaris Pertahanan dan Kepala Staf Gabungan telah mengemukakan gagasan ini sebagai cara cepat dan murah mengganti armada F-15C yang menua.

Berdasarkan daftar permintaan anggaran, diketahui harga F-15EX berkisar 80 juta dolar per pesawat. Namun terjadi kenaikan biaya 125 juta dolar per unit dari delapan pesawat.

Total rencana akan bernilai lebih dari 1,1 miliar dolar dan mencakup produksi delapan pesawat tempur generasi keempat plus-plus F-15EX.

F-15EX yang dikenal sebagai Strike Eagle on Steroids, adalah versi terbaru dari pesawat tempur F-15 Eagle.

F-15EX adalah versi canggih F-15 yang sedikit dimodifikasi, varian yang lebih baru yang tidak ada dalam inventaris AU AS dan telah dibeli oleh Qatar.

Sebagian dari penghematan operasional akan datang dari fase transisi yang lebih mudah untuk penerbang dan personel pemeliharaan dari F-15C ke F-15EX.

AU AS memperkirakan waktu transisi dari skadron F-15 ke skadron F-35 memakan waktu sekitar 18 bulan untuk skadron tugas aktif. Sementara waktunya menjadi 36 bulan untuk skadron Air National Guard.

Sementara itu hanya dibutuhkan waktu enam bulan atau kurang untuk melaksanakan transisi dari F-15C ke F-15EX.

Pesawat tempur baru ini akan dilengkapi avionik dan radar lebih baik dan akan membawa lebih dari dua lusin rudal udara ke udara.

Diharapkan jam terbang F-15EX diatur agar terjangkau, jauh di bawah F-35A.

Biaya terbang F-15EX diprediksi berkisar 27.000 dolar per jam yang jauh di bawah F-35A yang mencapai 45.000 dolar per jam terbang.

Menurut informasi, F-15EX akan memiliki masa pakai 20.000 jam, yang memungkinkannya digunakan selama beberapa dekade. Sebagai perbandingan, F-15 generasi awal dibangun untuk beroperasi hanya 5.000 jam terbang.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: