Siang Ini, Jupiter Aerobatic Team Berangkat ke Malaysia untuk Tampil di Airshow LIMA Langkawi

Siang ini, Rabu (20/3/2019), TNI AU akan memberangkatkan Jupiter Aerobatic Team (JAT) dari Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta ke Langkawi, Malaysia.

JAT akan tampil di Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exhibiton di Langkawi, Malaysia yang akan berlangsung dari 26-30 Maret 2019.

Sebanyak tujuh pesawat KT-1B Wong Bee dan dua pesawat C-130 Hercules akan lepas landas menuju Langkawi, Malaysia.

Total personel JAT yang diberangkatkan ke Langkawi berjumlah 63 orang. Bertindak sebagai mission commander adalah Marsma TNI Bob Hendry Panggabean yang merupakan Komandan Lanud Adi Sucipto.

“JAT akan menjadi duta bangsa, akan mengharumkan nama Indonesia di event internasional, sebelumnya JAT sudah pernah tampi di Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam,” ujar KSU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Disampaikan Yuyu, undangan dari Malaysia ini merupakan kehormatan bagi Tim Jupiter serta TNI AU. “Akan semakin memperkuat kerja sama antara angkatan udara kedua negara,” kata KSAU.

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna memberikan penjelasan kepada awak media terkait kesiapan Jupiter Aerobatic Team (JAT) mengikuti airshow LIMA, Langkawi. Foto: Trisna Bayu Windya

Tidak hanya di seputaran Asean, sebenarnya Jupiter Aerobatic Team juga mendapat undangan tampil dari negara di luar Kawasan. “Namun karena faktor jarak yang jauh, saya belum mengizinkannya,” aku Yuyu tanpa menyebut negara pengundang.

JAT diawaki instruktur penerbang pilihan TNI AU yang berada di Skadron Pendidikan 102, Wing Pendidikan Terbang, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Jupiter Aerobatic Team menggunakan pesawat KT-1B buatan Korea Selatan. Terkait kesiapan pesawat KT-1B, KSAU mengatakan bahwa TNI AU akan membeli tiga pesawat lagi untuk memperkuat Skadron 102.

Pembelian tiga pesawat ini tentunya sebagai substitusi dari jumlah pesawat yang jatuh. Sehingga dengan penambahan tiga KT-1B akan membuat Skadron 102 tetap dalam kondisi optimal untuk mendidik calon penerbang TNI AU.

Masih menggunakan corak warna merah putih, namun bagian ekor tegak
KT-1B Wong Bee JAT ditutupi stiker biru dengan bendera merah putih dan kepala burung Garuda.

Dalam penampilannya di (LIMA) Exhibiton di Langkawi, Malaysia, Jupiter Aerobatic Team akan menyuguhkan tarian udara selama 15 menit.

Kita doakan Jupiter Aerobatic Team mampu menjalankan tugas mulianya sebagai duta bangsa dengan baik dan selamat.

Formasi JAT:

  • Jupiter 1: Letkol Pnb Marcellius Kilat Dirgantara
  • Jupiter 2: Kapten Pnb Ngurah
  • Jupiter 3: Kapten Pnb Anggoro
  • Jupiter 4: Letkol Pnb Yunus
  • Jupiter 5: Mayor Pnb Habiebie
  • Jupiter 6: Mayor Pnb Idam Satria

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: