Selanjutnya, Giliran Su-27 Rusia Intersep Pembom Strategis B-52H AU AS di Laut Baltik

Saling mengintai dan mengintip, giliran dua pesawat tempur Rusia Su-27 Flanker yang intersep pembom strategis Amerika Serikat. Kedua pesawat tempur ini membayang-bayangi pembom B-52H Stratofortress AU AS yang terbang di atas perairan internasional Laut Baltik.

Kejadian ini seperti pengulangan insiden pencegatan oleh Su-27 terhadap B-52 dan B-1B Lancer di atas Laut Baltik pada Juni 2017.

Pada Rabu (20/3/2019), sosial media Rusia merilis foto yang menunjukkan ‘intersep’ pembom AU AS B-52H Stratofortress (US Air Force number 61-0013, short side number “1013”, code “LA”, callsign AERO32) yang berasal dari 2nd Bomb Wing.

Kedua pesawat tempur Rusia ini memaksa pembom B-52H menjauh dari perbatasan Rusia.

Pengawas ruang udara Rusia mengidentifikasinya jauh dari perbatasan dan hanya mengamatinya. Su-27 diperintah hanya mengidentifikasi dan mengawal pesawat AS ini.

Setelah pembom strategis B-52H mengubah arah dan menjauh dari perbatasan Rusia, barulah kedua Su-27 Flanker kembali ke pangkalannya.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan AU AS, satuan tugas pembom B-52H Stratofortress, penerbang dan peralatan pendukungnya berasal dari 2nd Bomb Wing yang berbasis di Barksdale Air Force Base, Louisiana.

Pembom ini tiba di RAF Fairford pada akhir pekan lalu dan telah berpartisipasi dalam berbagai misi latihan di seluruh Eropa, sesuai tugasnya.

“Misi-misi ini telah dikoordinasikan secara dekat dengan pemerintah masing-masing negara dan unit-unit NATO Enhanced Forward Presence yang beroperasi di sana,” jelas sebuah pernyataan.

Pembom ini tiba di medan operasinya pada 14-15 Maret dan untuk sementara beroperasi di RAF Fairford.

“Pada Senin, empat pembom B-52 melakukan penerbangan ke beberapa tempat di Eropa, termasuk ke Laut Norwegia, Laut Baltik / Estonia dan Laut Mediterania / Yunani,” jelas pihak Angkatan Udara AS.

Ini adalah penempatan terbesar dari penerbangan strategis AU AS seperti B-52H Stratofortress di Eropa sejak perang melawan Irak pada 2003.

Teks: beny adrian

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: